comscore

Kuliah di Eropa Timur, Ini Daftar 5 Universitas Terbaik di Rumania

Medcom - 04 Februari 2022 12:01 WIB
Kuliah di Eropa Timur, Ini Daftar 5 Universitas Terbaik di Rumania
Babes Bolyai University. Foto: Dok. ubbcluj.ro
Jakarta:  Berbicara tentang kuliah di luar negeri, mungkin pikiran Sobat Medcom akan langsung tertuju pada Amerika Serikat atau Inggris. Padahal, masih banyak negara-negara lain yang kualitas pendidikannya tak kalah bagus dengan kedua negara tersebut.

Salah satunya adalah Rumania. Pendidikan tinggi di negara bagian Uni Eropa itu terus naik di pemeringkatan dunia. Bahkan, kualitas pendidikannya merupakan yang terbaik di Eropa Timur.
Tak hanya dari segi kualitas, biaya hidup di sana juga sangat terjangkau dibandingkan negara-negara Eropa lainnya. Dikutip dari laman Schoters, pelajar imigran dapat menikmati gaya hidup kosmopolitan dengan anggaran yang relatif kecil.

Berikut adalah lima universitas terbaik dan unggulan di Rumania:

1. Babes Bolyai University

Universitas yang beridiri sejak tahun 1518 itu dinobatkan sebagai kampus terbaik di Rumania. Hal ini sebagaimana yang dikemukakan oleh QS Global World Ranking tahun 2022.

Perguruan tinggi yang terletak di Cluj Napoca, Transylvania itu memiliki kehidupan kampus yang terbilang unik. Pasalnya, wilayah tersebut merupakan pertemuan antara budaya Barat dan budaya Timur sehingga mahasiswanya berasal dari kelompok etnis, agama, dan bahasa yang beragam.

Universitas Babes Bolyai menawarkan beberapa program dalam enam bahasa yang berbeda. Bahasa tersebut adalah Rumania, Inggris, Hungaria, Jerman, Prancis, dan Italia.

Mahasiswa tak perlu memusingkan soal tempat tinggal bila berkuliah di sini. Sebab, Universitas Babes Bolyai menyediakan 15 asrama berkapasitas 5.000 orang dengan kualitas pelayanan tinggi.

2. West University of Timisoara

Universitatea de Vest din Timi?oara (UVT) atau West University of Timisoara merupakan perguruan tinggi terbaik kedua di Rumania. Kampus ini terletak di wilayah Timisoara, kota yang memiliki jaringan internet tercepat di dunia.

UVT memiliki 11 fakultas yang terdiri atas 75 program sarjana, 90 program magister, dan beberapa program doktoral. Tersedia pula 20 pilihan program studi yang menggunakan pengantar bahasa asing, yaitu Inggris, Jerman, dan Prancis.

Baca juga:  Berminat Kuliah di Jerman? Ini Universitas Terpopuler untuk Mahasiswa Internasional

Di samping itu, UVT meberikan kesempatan kepada mahasiwa tingkat sarjananya untuk mengikuti kelas bahasa internasional selama empat semester. Mahasiswa juga dapat memilih tiga mata kuliah minor atau pelengkap di luar program studi yang diambil.

Untuk fasilitasnya sendiri, UVT dilengkapi dengan 8 asrama yang memiliki daya tampung sebanyak 3.005 orang.

3. University of Bucharest

Universitas Bukares merupakan universitas terbaik ketiga di Rumania. Universitas ini juga menjadi universitas Rumania pertama yang masuk peringkat 600 besar dunia.

Perguruan tinggi yang terletak di ibu kota Rumania itu menawarkan 97 program sarjana, 215 program master, dan 22 program doktor. Universitas Bukares telah menandatangi 300 perjanjian kolaborasi bilateral dengan sejumlah universitas dari 52 negara.

Universitas Bukares menyediakan 18 asrama dengan daya tampung mencapai 5.300 orang.

4. Alexandru Loan Cuza University

Universita Alexandru Loan Cuza merupakan perguruan tinggi terbaik keempat di Rumania. Kampus ini memiliki 15 fakultas dengan beberapa program studi yang tersedia dalam bahasa asing.

Untuk jenjang sarjana, tersedia 5 program berbahas Inggris dan 2 program berbahasa Prancis. Sedangkan, jenjang magister memiliki 19 program berbahasa Inggris, 3 program berbahasa Prancis, dan masing-masing 1 program berbahasa Italia, Spanyol, dan Rusia.

Berlokasi di Kota Lasi, biaya hidup di sekitar universitas ini terbilang cukup terjangkau. Sebab, Lasi merupakan kota yang biaya hidupnya relatif lebih rendah dibandingkan kota-kota lain di Rumania.

5. Bucharest University of Economic Studies

Akademi Studi Ekonomi (ASE) Bukares merupakan lembaga pendidikan tinggi ekonomi dan administrasi publik terbaik di Rumania dan Eropa Tenggara. ASE juga menjadi satu-satunya universitas Rumania yang mendapat penghargaan World’s Universities with Real Impact (WURI) Ranking 2021.

Mahasiswa internasional yang melanjutkan pendidikannya di ASE akan mengikuti kelas bahasa Rumania selama satu tahun. Kelas ini diharapkan dapat membantu mereka dalam memahami bahasa, budaya, dan kehidupan sosial Rumania.

Itulah lima universitas terbaik di Rumania. Pendidikan di negara Uni Eropa ini termasuk bagian dari Proses Bologna. Artinya, kualitas pendidikan yang diperoleh setara kelas dunia. (Nurisma Rahmatika)


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id