comscore

Animo Masuk PTKIN Meningkat, Wamenag Minta Kualitas Kampus Ditingkatkan

Citra Larasati - 05 Mei 2022 22:18 WIB
Animo Masuk PTKIN Meningkat, Wamenag Minta Kualitas Kampus Ditingkatkan
Wakil Menteri Agama. Zainut Tauhid Sa'adi. Foto: Kemenag
Jakarta:  Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) semakin diminati oleh masyarakat.  Peningkatan animo ini harus diikuti dengan kualitas pendidikan di dalamnya.

Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan, bahwa dari tahun ke tahun peningkatan peminat ke PTKIN ini terus terlihat.  Bahkan di banyak PTKIN telah menolak banyak pelamar karena jumlah pendaftarnya yang membludak melebihi kuota mahasiswa baru yang tersedia.
"Ini artinya PTKIN kita makin diminati oleh pelajar yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi keagamaan Islam negeri," kata Zainut beberapa waktu lalu.

Untuk itu, Zainut mengingatkan agar peningkatan animo ini dibarengi dengan meningkatnya kualitas PTKIN itu sendiri.  Termasuk peningkatan prestasi akademik maupun nonakademik.

Dengan begitu, PTKIN dapat mencetak lulusan yang tidak hanya cerdas, namun juga memiliki keterampilan dan akhlak mulia. 

UM PTKIN 2022

Dalam kesempatan yang sama, Zainut mengingatkan bahwa Ujian Mandiri (UM) PTKIN 2022 masih dibuka hingga 4 Juni 2022 mendatang. Pendaftaran online dapat dilakukan langsung di laman resminya di www.um-ptkin.ac.id.

Pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2022 telah dibuka sejak 25 April 2022 lalu. Bagi Sobat Medcom yang berminat mendaftar, tentu harus memperhatikan jadwalnya agar tak ketinggalan.

UM-PTKIN merupakan salah satu jalur masuk ke instansi pendidikan tinggi yang bernaung di bawah Kementerian Keagamaan. Seleksi ini terbuka bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), atau Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)

Sesuai namanya, perguruan tinggi tersebut identik dengan agama Islam. Meski begitu, PTKIN tak hanya menggelar program studi berbau religi saja, melainkan juga program studi umum lain, layaknya perguruan tinggi negeri dan swasta.

Baca juga: Dibuka Mulai 25 April, Ini Jadwal Pendaftaran UM-PTKIN 2022

Seleksi UM-PTKIN 2022 bisa diikuti oleh lulusan MA/MAK/SMA/SMK/Satuan Pendidikan Mu’adalah. Peserta haruslah merupakan lulusan 2020, 2021, dan 2022.

Berikut jadwal pendaftaran UM-PTKIN 2022:

  • Pendaftaran dan Pembayaran: 25 April - 4 Juni 2022
  • Finalisasi Pendaftaran: 25 April - 4 Juni 2022
  • Pelaksanaan Uji Coba SSE: 7 - 10 Juni 2022
  • Pelaksanaan Ujian: 14 - 17 Juni 2022
  • Pengumuman: 30 Juni 2022
  • Adapun untuk pelaksanaan ujian, jadwalnya tercantum pada Kartu Tes peserta. Ujian tersebut akan dilangsungkan dari lokasi masing-masing peserta, tentunya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. 


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id