comscore

UKI Lakukan Edukasi Dampak Penggunaan Media Digital

Medcom - 28 Mei 2022 19:45 WIB
UKI Lakukan Edukasi Dampak Penggunaan Media Digital
UKI lakukan edukasi dampak penggunaan media digital. Foto: Dok UKI
Jakarta: Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Kristen Indonesia (UKI) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Tema yang diangkat adalah “Edukasi dan Pencerahan Penggunaan Media Digital dan Antisipasi Dampaknya”.

Edukasi dilakukan di Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Sola Gratia Resort Kayu Mas, Jakarta. UKI berharap edukasi ini bisa membuat jemaat memahami dampak penggunaan informasi dan transaksi elektronik dalam media sosial di kehidupan sehari-hari. 
"Semoga jemaat bisa lebih bijak dan tepat menggunakan media sosial," kata perwakilan dari HKBP Sola Gratia Resort Kayu Mas, pendeta Rudianto Silalahi, melalui keterangan tertulis, Sabtu, 28 Mei 2022.

Edukasi meliputi penyuluhan dan pembekalan terkait UU Informasi Transaksi Elektronik (UU ITE). Terutama dalam penggunaan media sosial dalam kehidupan sehari. 

Wakil Rektor Bidang Akademik UKI, Hulman Panjaitan, menjelaskan dampak penggunaan UU ITE terhadap media sosial dalam kehidupan sehari-hari. UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik mengatur pengguna media sosial agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial.

"Ada beberapa hal yang perlu dihindari saat bermain media sosial, agar terhindar dari jerat hukum UU ITE. Jangan membuat, membagikan, atau memberikan akses konten bermuatan kesusilaan," kata Hulman.

Akademisi di Fakultas Hukum UKI ini menambahkan, jangan sembarangan mengancam, memeras, dan mencemarkan nama baik seseorang. Hindari berbicara yang berkaitan dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). 

"Pastikan postingan kritik didasarkan fakta dan bukti pendukung valid dan verifikasi kebenaran terlebih dahulu,” ujar Hulman.

Baca: Ini 30 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS

Akademisi Fisipol UKI, Chontina Siahaan, memaparkan pentingnya intensitas komunikasi antara orang tua dan anak di era digital. Media sosial, kata dia, memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. 

"Namun, perlu diperhatikan, jika isi dari media sosial tidak mendidik maka tidak perlu share ke pengguna media sosial lainnya. Dan orang tua harus menyadari pentingnya intensitas komunikasi dengan anak agar mereka tidak kecanduan gadget,” kata Chontina.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id