Siswa Miskin di Jakarta Sulit Manfaatkan Jalur Afirmasi

    Ilham Pratama Putra - 08 Juli 2020 14:07 WIB
    Siswa Miskin di Jakarta Sulit Manfaatkan Jalur Afirmasi
    Ilustrasi. Foto: MI/Angga Yuniar
    Jakarta: Peneliti Pusat Kajian dan Advokasi Perlindungan dan Kualitas Hidup Anak Universitas Indonesia (PUSKAPA UI) Windy Liem menilai seleksi nilai pada Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) jalur afirmasi di DKI Jakarta kurang tepat. Sebab, anak dengan ekonomi rendah akan tersisih sebab kesulitan meraih nilai yang baik.

    "Kami melihat dari kelompok miskin itu prestasinya kurang baik. Karena memang kesulitan mengakses pendidikan," ujar Windy dalam forum diskusi Ikatan Alumni Universitas Indonesia, Rabu, 8 Juli 2020.

    Dia berharap, jalur afirmasi dibuka lebar agar bisa menampung siswa yang kurang mampu tersebut. Ia juga meminta seleksi nilai pada jalur afirmasi dikaji ulang.

    "Kemudian menyediakan ketersediaan sekolahnya agar daya tampung bertambah. Bayangkan saat ini ketersedian sekolah swasta yang relatif mahal jumlahnya lebih banyak dari negeri. SMP yang swasta di DKI ada 73 persen, SMA 75 persen dan SMK 87 pesen," kata Windy.

    Baca: Pengamat Menilai Nadiem Tak Terbuka dalam Membuat Kebijakan

    Deputi Gubernur Jakarta Bidang Pengendalian Kependidikan dan Pemukiman, Suharti Sutar menyebut siswa dengan ekonomi rendah masih sedikit diterima jalur afirmasi. Sebab, jalur afirmasi masih mempertimbangkan nilai.

    "Kami melihat di sini di 2019, bahwa anak-anak dari afirmasi diseleksi dari nilai. Jadi yang miskin pun diterima hanya yang terpandai," kata Suharti.

    Menurutnya, statistik tersebut tak bakal jauh berbeda dari PPDB jalur afirmasi di tahun ini. Akan banyak siswa afirmasi di DKI Jakarta yang tidak di terima di sekolah negeri.

    "Pertama karena memang kuotanya tidak banyak di tahun ini. Yang menerima Kartu Jakarta Pintar itu 40 persen siswa Jakarta, sementara daya tampung afirmasi hanya 25 persen," ujar Suharti.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id