Klaim Obat Covid-19 Hadi Pranoto, Kemenristek Minta Masyarakat Hati-hati

    Ilham Pratama Putra - 03 Agustus 2020 11:02 WIB
    Klaim Obat Covid-19 Hadi Pranoto, Kemenristek Minta Masyarakat Hati-hati
    Ketua Konsorsium Covid-19 Kemenristek/BRIN, Ali Ghufron Mukti.
    Jakarta:  Nama Hadi Pranoto belakangan ramai diperbincangkan di media sosial, pasalnya ia  mengaku sebagai seorang profesor dan pakar mikrobiologi sekaligus mengklaim telah menemukan obat herbal virus korona (covid-19).  Merespons hal tersebut, Kementerian Riset Teknologi/Badan Riset Nasional (Kemenristek/Brin) meminta Masyarakat berhati-hati atas klaim temuan tersebut.

    "Saya mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dengan isu yang menyebutkan bahwa telah ditemukan obat herbal untuk pencegahan covid-19," ujar Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemenristek/BRIN, Ali Ghufron Mukti, kepada Medcom.id, Senin 3 Agustus 2020.

    Terlebih lagi, kata Ghufron, temuan Hadi Pranoto itu tidak melalui verfikasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ataupun lembaga pemerintahan yang berwenang. Ghufron menyebut klaim temuan Hadi tersebut murni atas nama pribadi.

    "Isu tersebut tidak dirilis resmi oleh Kemenristek BRIN, melainkan murni atas nama pribadi yang bersangkutan. Setiap klaim yang disebutkan harus melewati kaidah penelitian yang benar dan melakukan uji klinis sesuai protokol yang disetujui oleh BPOM," ungkap dia.

    Baca juga: Bio Farma: Sinovac Tiongkok Jangka Pendek, Vaksin Merah Putih Jangka Panjang

    Meski begitu, pihaknya bakal menindaklanjuti temuan ini. Keabsahan obat temuan Hadi itu, bakal diuji oleh Kemenristek serta lembaga berwenang lainnya.

    "Kemenristek/BRIN akan terus memantau dan menindaklanjuti berita atau isu ini, serta akan terus memperbaharui informasi sesuai data terkini terkait dengan riset dan inovasi untuk percepatan penanganan covid-19," lanjut Ghufron.

    Diketahui musisi, Erdian Aji Prihartanto atau kerap disapa Anji Manji, merilis sebuah video terkait obat covid-19 dalam akun YouTube-nya. Video itu menuai kontroversi dan menjadi perbincangan di lini masa.

    Pasalnya, video yang diunggah Sabtu 1 Agustus 2020 itu, mengklaim obat herbal sebagai pencegah covid-19. Obat bernama “Antibodi Covid-19” disuarakan orang yang mengaku pakar mikrobiologi, Hadi Pranoto sebagai narasumber dalam video tersebut.  Video tersebut kini telah di-takedown oleh YouTube setelah ramai-ramai dilaporkan oleh warganet.

    (CEU)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id