Dana BOS Langsung ke Sekolah, Legislator Beri Catatan

    Ilham Pratama Putra - 11 Februari 2020 16:44 WIB
    Dana BOS Langsung ke Sekolah, Legislator Beri Catatan
    Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala
    Jakarta:  Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian mendukung mekanisme dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) ditransfer langsung ke rekening sekolah, namun dengan sejumlah catatan.   

    "Semakin pendek jalur penyaluran semakin sedikit potensi penyalahgunaan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggunggjawab," kata Hetifah di Jakarta, Selasa 11 Februari 2020.

    Namun menurutnya, transparansi penggunaan dana BOS harus dikedepankan.  Bahkan, jika perlu dibuatkan hotline pelaporan, jika ditemukan penggunaan dana yang mencurigakan.  

    "Data penggunaan harus di-publish sehingga siswa, orang tua murid, dan masyarakat bisa memantau," ujarnya.

    Sebelumnya, mulai tahun ini, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) akan langsung ditransfer dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kepada rekening sekolah yang bersangkutan.  Dana BOS tidak lagi harus melalui Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Provinsi.
     
    Kebijakan tersebut menjadi salah satu episode terbaru dalam program Merdeka Belajar yang pada akhir tahun lalu diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim. Kebijakan ini bahkan telah memiliki payung hukum, yakni Permendikbud nomor 8 tahun 2020.
     
    "Yang sebelumnya, penyaluran dana ke sekolah dari Kementerian Keuangan melalui Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Provinsi, kini penyalurannya dari Kemenkeu langsung ke rekening sekolah," kata Nadiem di Kantor Kemenkeu, Jakarta Pusat, Senin 10 Februari 2020.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id