Sejarawan: Kebangkitan Nasional Lekat dengan Peristiwa Budaya

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 21 Mei 2020 20:45 WIB
    Sejarawan: Kebangkitan Nasional Lekat dengan Peristiwa Budaya
    Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala
    Jakarta: Sejarawan Andi Achdian mengatakan, peristiwa kebangkitan nasional tidak hanya bersifat politik tetapi juga kultural atau budaya.  Kebudayaan sudah melekat sejak awal zaman pergerakan.

    “Unsur kebudayaan sejak awal sudah melekat pada berbagai aspek pergerakan nasional. Satu titik tolak, kebudayaan tidak luput dari kebangkitan nasional,” kata Andi dalam diskusi daring ‘Peran Kebudayaan dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional’, Kamis, 21 Mei 2020.

    Dosen Program Studi Ilmu Sosiologi Universitas Nasional ini menuturkan, kebangkitan nasional ini adalah fenomena kebudayaan, persentuhan kaum terpelajar dengan proses modern, mentranformasi masyarakat menjadi modern.

    “Tranformasi masyarakat diwujudkan dari inisiatif lahir, klub bukan hanya organisasi politik, tempat ngumpul, di klub berbagai kesenian, wayang wong, gamelan pembentukan identitas kesadaran kebangkitan nasional,” ujarnya.

    Baca juga:  PGRI: Harkitnas Momentum Kebangkitan Guru

    Ia mencontohkan, saat itu Tjokroaminoto pada 1908 membuat klub sosial Panti Harjoso dan menggelar seminar tentang munculnya gamelan dalam tradisi Jawa. Tercatat berbagai pengujung datang tidak hanya Bumiputera, tapi juga kalangan Eropa.

    “Klub memanfaatkan kebudayaan atau menggunakan kebudayaan untuk perjuangan, Panti Harsojo mengundang Dewi Sartika dari Bandung bicara di society tersebut, dihadiri 100 perempuan dari bumiputera, bicara isu emansipasi perempuan,” jelasnya.

    Lebih lanjut ia menyebut, dalam pergerakan kebangkitan nasional memang memerlukan elemen kebudayaan. Salah satunya yang penting adalah bahasa. “Satu identitas nasional, simbol-simbol nasional, juga muncul kesadaran kultural, ide tentang Indonesia semakin kuat di dalam bahasa,” sambungnya.

    Selain itu juga ada lagu-lagu nasional. Itu sudah menjadi praktik kultural pada abad 20 sampai Indonesia merdeka. 



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id