Penerimaan Mahasiswa Baru

    UGM Umumkan Kuota Tiga Jalur Seleksi, Hitung Peluangmu

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 13 Februari 2020 16:30 WIB
    UGM Umumkan Kuota Tiga Jalur Seleksi, Hitung Peluangmu
    Kampus UGM. Foto: UGM/Humas
    Jakarta:  Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka tiga jalur seleksi untuk calon mahasiswa Program Sarjana tahun 2020.  Jalur mandiri yakni Ujian Tulis UGM memiliki porsi kuota yang paling besar dibandingkan dua jalur lainnya, yakni 40 persen.

    Ketiga jalur tersebut adalah SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan Ujian Tulis UGM. “Kuota mahasiswa baru untuk jalur seleksi SNMPTN adalah 25 persen, SBMPTN 35 persen dan Ujian Tulis UGM 40 persen,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Iva Ariani dikutip dari laman UGM, Kamis, 13 Februari 2020.

    Ia mengatakan, persentase daya tampung mahasiswa baru untuk ketiga jalur seleksi tersebut dilakukan sehubungan adanya edaran Permendikbud No. 6 Tahun 2020 Tentang Penerimaan Mahasiswa baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi.  Selain itu, terdapat surat edaran dari Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) kepada Rektor PTN-Badan Hukum di seluruh Indonesia.

    “Sehubungan dengan edaran itu kita menetapkan perubahan kuota daya tampung,” kata Iva.

    Menurut Iva, dalam surat edaran LTMPT tersebut setiap PTN diharuskan menetapkan dan mengumumkan jumlah daya tampung mahasiswa baru untuk jalur seleksi SNMPTN,  SBMPTN, dan seleksi lainnya. “Setiap PTN Badan Hukum memberikan kuota daya tampung masing-masing prodi,” ujarnya.

    Iva menuturkan, SNMPTN merupakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia. Seleksi ditentukan dari prestasi akademik di sekolah.

    Bagi peserta yang belum lolos, kata Iva, mereka masih memiliki kesempatan menjadi mahasiswa UGM melalui jalur SBMPTN dan Ujian Tulis UGM. Adapun jalur SBMPTN akan dilaksanakan dengan sistem Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di bawah koordinasi LTMPT.

    “Hasil UTBK inilah yang akan digunakan sebagai bahan seleksi,” ujar Iva.

    Ia menambahkan, ujian mandiri di UGM dinamakan seleksi Ujian Tulis (Utul) UGM.  Seleksi ini merupakan jalur seleksi masuk UGM yang menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan nilai Utul yang diselenggarakan oleh UGM. 

    Iva mengingatkan kepada orang tua yang ingin mendaftar kuliah anaknya ke UGM agar tidak percaya kepada orang yang mengaku bisa memasukkan putranya ke UGM.  Selain itu, tidak ada pungutan selain biaya kuliah yang ada di laman resmi UGM dan laman resmi LTMPT.

    “UGM juga tidak mengenal calon mahasiswa diterima cadangan atau diterima di kelas transisi dan kita hanya menerima mahasiswa S1 dan Diploma pada semester ganjir di bulan Agustus,” katanya.

    Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar kuliah di UGM bisa mengakses informasi melalui portal LTMPT atau um.ugm.ac.id.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id