Soal Bahasa Indonesia Dirasa Lebih Sulit dari Bahasa Inggris

    Intan Yunelia - 29 Mei 2019 15:26 WIB
    Soal Bahasa Indonesia Dirasa Lebih Sulit dari Bahasa Inggris
    Suasana UNBK di salah satu sekolah, MI/Arya Manggala.
    Jakarta: Jenis pelanggaran dan kecurangan di Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) paling banyak ditemukan di mata pelajaran Bahasa Indonesia. Soal Bahasa Indonesia dirasa peserta lebih sulit dari pada soal ujian Bahasa Inggris.

    “Bahasa Indonesia dianggap lebih sulit dari Bahasa Inggris. Pelanggarannya terbanyak setelah Matematika,” kata Irjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Muchlis R Luddin di Jakarta, Rabu, 29 Mei 2019.

    Praktisi Pendidikan sekaligus Pendiri Universitas Pamulang (Unpam), Darsono mengatakan, kesulitan siswa mengerjakan soal bernarasi panjang seperti di mata pelajaran Bahasa Indonesia salah satu kemungkinannya soal ujian tak sesuai materi yang diajarkan di sekolah. Soal UN dirasa lebih sulit dari apa yang mereka terima di sekolah. 

    “Seharusnya menguji itu kan yang dipelajari. Bukan dari materi yang tidak diajarkan. Itu untuk mengukur daya serap sudah sejauh mana materi yang diserap anak-anak kita,” ujar Darsono kepada  Medcom.id.

    Baca:  Guru Ketahuan Kompak 'Bantu' Siswa Kerjakan UN

    Faktornya lain, rendahnya literasi dan minat baca siswa di Indonesia juga menjadi salah satu penyebabnya.   Menurutnya, ketertarikan siswa membaca sangat kurang di tengah kemajuan teknologi yang berkembang pesat. 

    “Anak-anak sekarang itu sudah malas baca dan daya ingat kita itu sangat berpengaruh oleh gadget. Itu akan mempengaruhi kebiasaan literasi. Itu salah satu efek dari kemajuan teknologi,” tutur Darsono.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id