Pandemi, Perguruan Tinggi Kian Adaptif Terapkan 'Kampus Sehat'

    Ilham Pratama Putra - 10 November 2020 18:44 WIB
    Pandemi, Perguruan Tinggi Kian Adaptif Terapkan 'Kampus Sehat'
    Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Kemendikbud, Nizam. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
    Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam mengatakan, kemampuan perguruan tinggi dalam mengakselerasi konsep 'Kampus Sehat' semakin baik di era pandemi covid-19. Kampus Sehat merupakan konsep perguruan tinggi yang Sehat, Aman, Nyaman (SAN).

    "Kampus bisa kita akselerasi dengan saling melengkapi apa yang disebut Kampus Sehat, Aman, Nyaman, Kampus 'SAN'," kata Nizam dalam webinar Hari Kesehatan Nasional bertema 'Tata Kelola Kampus Sehat dalam Pandemi Covid-19' Selasa, 10 November 2020.  

    Nizam mengungkapkan, untuk konsep 'Kampus Sehat' dapat diartikan tidak ada lagi narkoba dan asap rokok di lingkungan kampus. Kampus harus sehat secara jasmani, mental, spiritual maupun lingkungan.

    "Sedangkan 'kampus aman' itu berarti bebas dari perundungan dan kekerasan seksual. Kemudian 'kampus nyaman' haruslah inklusif dan ramah difabel," sambung guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM) ini.

    Menurutnya, akselerasi konsep SAN di kampus saat ini justru menjadi lebih cepat, meski diterpa pandemi covid-19. Dengan adanya pandemi ternyata akselerasi SAN menjadi cepat beradaptasi.

    Baca juga:  UI Buat Peta Mobilitas Warga dan Persebaran Covid-19

    Setidaknya yang lebih cepat adalah di bidang inklusifitas, khususnya kurikulum. Adanya penyelesaian permasalahan pembelajaran untuk menciptakan persamaan kemampuan mahasiswa.

    "Misalnya kecakapan mahasiswa kita diupayakan merata di bidang literasi digital," ungkap Nizam.

    Kampus mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis dan mampu berkolaborasi. Pandemi mengajarkan mahasiswa untuk tidak mudah menyerah.

    "Kita di-challange covid-19. Adaptasi menuju pendidikan 4.0 diakselerasi, kita dipaksa beradaptasi. Ternyata pendidikan kita cepat beradaptasi," tegasnya.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id