Hungaria Tambah 100 Kuota Beasiswa Kuliah untuk Indonesia

    Ilham Pratama Putra - 26 Oktober 2020 20:32 WIB
    Hungaria Tambah 100 Kuota Beasiswa Kuliah untuk Indonesia
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjalin kerja sama dengan pemerintahan Hungaria. Kerja sama di sektor pendidikan itu akhirnya membuahkan hasil, berupa penambahan kuota beasiswa bagi pelajar di Indonesia.

    "Sebelumnya Hungaria membuka 200 beasiswa untuk pelajar Indonesia. Dengan kerja sama ini bertambah 100 lagi untuk WNI studi di Hungaria," kata Direktur Sumber Daya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud, Sofwan Effendi dalam webinar Stipendium Hungaricum Scholarship, Senin, 26 Oktober 2020.

    Sofwan mengatakan, beasiswa tersedia untuk seluruh jenjang. Mulai dari strata 1 atau sarjana (S1), S2 atau gelar master hingga S3 untuk doktoral.

    "Kemendikbud mengucapkan apresiasi ke pemerintah Hungaria, supaya anak Indonesia dan dosen Indonesia semangat mengejar beasiswa ini dan meningkatkan kualitas pendidikannya," ucap Sofwan.

    Baca juga:  Menteri Pendidikan di Luar Negeri Terkejut Ada Subsidi Kuota Internet

    Bagi Sofwan, beasiswa ini dapat memacu peningkatan kualitas pendidikan Indonesia. Harapannya Indonesia pada 2030 memiliki lebih banyak lagi tenaga kerja terdidik.

    "Indonesia akan butuh 58 juta tenaga kerja terdidik di 2030. Nah tenaga kerja terdidik itu salah satunya dapat dimiliki dengan meningkatkan kualitas pendidikannya," ungkap dia.

    Utamanya mereka yang nantinya mendapat gelar master (S3). Menurut Sofwan, mereka yang telah mencapai jenjang S3 itu dapat membantu peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia dengan menjadi tenaga pengajar.

    "Peran dosen S3 artinya sangat besar, karena indikator pendidikan tinggi di Indonesia adalah berapa persen dosennya yang memperoleh gelar S3," tutup dia.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id