UKDW Terima Hibah Inovasi Pembelajaran dan Teknologi Bantu

    Citra Larasati - 20 Oktober 2020 11:35 WIB
    UKDW Terima Hibah Inovasi Pembelajaran dan Teknologi Bantu
    Foto: UKDW/Dok. Humas
    Jakarta:  Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta berhasil mendapatkan dana hibah Inovasi Pembelajaran dan Teknologi Bantu (teknologi asistif) untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus di Perguruan Tinggi 2020.  

    Sekretaris Lembaga Pengembangan Akademik dan Inovasi Pembelajaran (LPAIP), UKDW, Argo Wibowo mengatakan, kampusnya secara konsisten telah mengikuti hibah pendidikan khusus ini sejak 2018 dan 2019.

    “Setelah melalui proses evaluasi proposal, Kemendikbud melalui halaman resminya mengumumkan UKDW sebagai salah satu penerima hibah tersebut. Dari dua proposal yang diajukan, pada akhirnya satu proposal yang diajukan oleh Dr. Fransisca Endang Lestariningsih, M.Hum. dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris berhasil lolos seleksi,” tutur kata Argo dalam keterangannya, Selasa, 20 Oktober 2020.

    Program tersebut diajukan melalui proposal dengan judul “Inovasi Pembelajaran Digital Bagi Mahasiswa Autism Spectrum Disorder (ASD)”.  Ia berharap hibah dari Kemendikbud ini dapat
    membantu banyak orang, khususnya mahasiswa dengan kebutuhan khusus sehingga dapat mewujudkan akses pendidikan yang merata, berkualitas dan berkeadilan.

    Dengan diperolehnya hibah ini sekaligus menunjukkan, bahwa kampus yang bermitra dengan program Beasiswa OSC Medcom.id ini, khususnya LPAIP dan PBI semakin serius dalam mewujudkan pendidikan bermutu yang inklusif dan berkelanjutan.

    Pendidikan adalah hak bagi setiap warga negara di Indonesia, termasuk bagi warga yang berkebutuhan khusus. Hal ini terlihat jelas dalam Pasal 31 ayat (1) UUD 1945 menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. 

    Baca juga:  FRI Sambut Positif Rencana Fleksibilitas Penilaian Guru Besar

    Melihat pentingnya hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui halaman website resminya memberikan penawaran bantuan dana Inovasi Pembelajaran dan Teknologi Bantu (teknologi asistif) untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus di Perguruan Tinggi Tahun 2020 kepada semua perguruan tinggi di Indonesia.

    Semakin berkembangnya tuntutan dunia pendidikan pada era revolusi industri 4.0, perguruan tinggi pun didorong untuk mengembangkan inovasi pembelajaran bagi mahasiswa berkebutuhan khusus yang sesuai dengan pemanfaatan teknologi dan informasi.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id