Beasiswa OSC, Wujud Tanggung Jawab Memastikan Keberlangsungan Pendidikan

    Ilham Pratama Putra - 30 Oktober 2020 15:58 WIB
    Beasiswa OSC, Wujud Tanggung Jawab Memastikan Keberlangsungan Pendidikan
    OSC Medcom.id
    Jakarta: Banyaknya pelajar putus sekolah, bukan hanya tugas pemerintah. CEO Media Group Mirdal Akib mengatakan keberlangsungan pendidikan bagi siswa adalah tanggung jawab bersama.

    "Pemerintah sudah punya tugasnya sendiri. Sekarang apa yang bisa kita lakukan untuk membantu masyarakat, untuk membantu pelajar ya kita lakukan dulu," kata Mirdal dalam live instagram @OSC_Medcom, Jumat, 30 Oktober 2020.

    Semangat ini yang membuat Media Group konsisten dalam melaksanakan Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id. Media Group tergerak melihat angka putus sekolah yang menerpa pelajar Indonesia.

    "Anak SD ada 23 juta, tapi yang masuk SMP 16 juta, lalu masuk SMA 4 juta, dan masuk perguruan tinggi cuma 400 ribu, ada angka putus setiap jenjangnya yang besar," ungkap dia.

    Angka itu yang ingin diminimalissai OSC Medcom.id dalam enam tahun belakangan. Pihaknya menyadari terdapat permasalahan dalam melanjutkan pendidikan.

    "Pertama masalah demografi. Tidak semua lokasi, semua wlayah punya kampus apalagi yang berkualitas. Kedua adalah masalah ekonomi tidak semua punya akses," terang dia.

    Baca: Ada Beasiswa S2 untuk Guru di OSC Medcom.id, Yuk Daftar!

    Konsep beasiswa OSC Medcom.id bukan secara langsung memberikan bantuan. Kerja sama dengan pihak kampus juga dilakukan dalam memberikan beasiswa penuh tersebut.

    "Komitmennya cukup besar, kita hampir membagikan hampir Rp159 miliar. Berikutnya yang terjadi kita lihat nanti ada pemmimpin baru dari Papua, Sulawesi hingga Aceh karena ada pendidikan yang merata," ungkapnya.

    Tahun ini, merupakan tahun keenam OSC Medcom.id menghadirkan program beasiswa pendidikan untuk anak-anak yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Ada yang sedikit berbeda dari penyelenggaraan kompetisi beasiswa online pertama dan terbesar di Indonseia pada tahun ini. Beasiswa bukan hanya untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana (S1), melainkan ada juga beasiswa program magister (S2).

    Bagi sobat Medcom yang ingin mengikuti program beasiswa yang tahun ini didukung oleh Citilink ini harus bersiap-siap untuk mengikuti kompetisi beasiswa yang 'berhadiah' bebas uang pangkal 100 persen dan uang kuliah hingga selesai atau delapan semester.

    Selain beasiswa untuk S2, OSC Medcom.id juga bakal kembali menggelar Try Out OSC yang akan menggandeng Bimbingan Belajar Smarrt. Tujuannya, agar sebelum mengikuti tes yang sebenarnya, peserta sudah terbiasa dengan sistem, dan soal yang diujikan di tes online, sekaligus untuk mengukur kemampuan diri.

    Sobat Medcom.id yang ingin mendaftar Beasiswa OSC bisa melakukannya pada laman ini.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id