Tak Capai Target, Subsidi Kuota Kemendikbud Hanya Tersalurkan 62%

    Ilham Pratama Putra - 03 Desember 2020 12:37 WIB
    Tak Capai Target, Subsidi Kuota Kemendikbud Hanya Tersalurkan 62%
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah selesai menyalurkan subsidi kuota internet untuk guru, siswa, mahasiswa dan dosen. Dari data penyaluran terakhir pada November, Kemendikbud hanya berhasil memberikan bantuan kepada total 35,7 juta penerima.

    "Tidak ada kenaikan dari bulan sebelumnya (Oktober)," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusdatin, Kemendikbud, Hasan Chabibie kepada Medcom.id, Kamis, 3 Desember 2020.




    Kemendikbud menargetkan subsidi kuota disalurkan kepada 59,5 juta penerima. Dengan data jumlah penerima sekitar 35 juta tersebut, target penyaluran bantuan kuota internet untuk belajar daring yang terealisasi berarti hanya sekitar 62 persen.

    Jumlah penerima subsidi kuota Kemendikbud diyakini tak akan bertambah. Sebab, jatah kuota internet untuk Desember telah dirangkap penyalurannya pada November kemarin.

    Baca: Sebelum Mengajar, Guru Wajib Sampaikan Edukasi Protokol Kesehatan

    Kemendikbud belum bisa memastikan apakah subsidi kuota bakal dilanjutkan pada 2021. Meskipun, warga pendidikan diyakini masih akan membutuhkan bantuan kuota internet untuk mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang kemungkinan masih akan berlangsung tahun depan meskipun sekolah diizinkan menggelar belajar tatap muka.

    "(Anggaran subsidi yang tidak terserap 100 persen itu) kami kembalikan ke negara," sambungnya.

    Menurut dia, ada beberapa hal yang membuat target penyaluran subsidi kuota tidak tercapai. Di antaranya kurang merata sinyal infrastruktur di Indonesia.

    "Ada juga siswa yang tidak memiliki gawai. Pihak sekolah yang mungkin tidak mengisi Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) terkait kuota ini. Belum lagi banyak nomor yang tidak terdaftar," ungkapnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id