Pakar UNS: Motivasi Pelaku Bom di Makassar Demi Eksistensi

    Arga sumantri - 01 April 2021 12:32 WIB
    Pakar UNS: Motivasi Pelaku Bom di Makassar Demi Eksistensi
    Pengamat Kajian Islam dan Asia Tenggara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Leni Winarni. Dok Humas UNS.



    Solo: Pengamat Kajian Islam dan Asia Tenggara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Leni Winarni menilai motivasi pelaku teror bom di Makassar, Sulawesi Selatan, demi menunjukkan eksistensi. Pelaku ingin menunjukkan kalau kelompok mereka masih eksis.

    Pelaku diketahui berinisial L dan YSF. Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut kelompok ini sempalan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).






    "Sekarang motivasinya lebih ke eksistensi. Kelompok semacam ini masih ada dan menebarkan ketakutan sekaligus peringatan ke pihak-pihak yang mereka anggap musuh," ujar Leni mengutip siaran pers UNS, Kamis, 1 April 2021.

    Bila merujuk kelompok Jamaah Islamiyah (JI), kata dia, aksi teror gereja yang pernah dilancarkan ditujukan sebagai peringatan atas konflik agama. Aksi mereka sebagai pembelaan terhadap umat Islam atas konflik yang terjadi di Ambon dan Poso.

    "Sebenarnya sejak reformasi, menyusul konflik Ambon dan Poso, kelompok jaringan JI sudah melakukan aksi-aksi tersebut. Tetapi, motivasi mereka saat itu sangat terkait dengan konflik agama yang terjadi di Ambon dan Poso," jelasnya.

    Ia menambahkan, pola serangan dan ancaman kelompok ekstrem Islam beberapa tahun belakangan ini menargetkan terornya pada aparat negara. Terutama, kepolisian dan gereja. Jadi, ada pergeseran target sasaran.

    Menurut dia, masyarakat tidak bisa menyimpulkan kalau hanya Gereja Katolik jadi sasaran pelaku teror. Sebab, pola gerakannya yang sporadis dan lone wolf, sehingga sasaranya aksi terornya tidak spesifik pada gereja tertentu.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id