Primadona Baru, Madrasah Keterampilan MAN 2 Mojokerto

    Citra Larasati - 14 Januari 2021 15:23 WIB
    Primadona Baru, Madrasah Keterampilan MAN 2 Mojokerto
    Gedung MAN 2 Mojokerto. Foto: Kemenag
    Jakarta:  Sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang diberlakukan untuk sekolah-sekolah negeri, memacu MAN 2 Mojokerto untuk bersaing dengan lima sekolah negeri favorit di radius 1 kilometer di dekatnya. Tidak ada pilihan selain terus memacu prestasi dan inovasi agar kepercayaan masyarakat pada madrasah terus meningkat.

    Berbekal data Emis MAN 2 Mojokerto tahun 2019-2020, bahwa sebanyak 60 persen siswa MAN 2 Mojokerto adalah siswa golongan ekonomi menengah ke bawah. Sehingga tidak semua siswa dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

    Bahkan alasan ekonomi ini juga membuat banyak siswa terpaksa harus bekerja selepas lulus dari madrasah.  “Hal inilah yang membuat MAN 2 Mojokerto melakukan inovasi dengan membekali berbagai macam keterampilan sesuai bakat dan minat siswa,” terang Kepala MAN 2 Mojokerto, Agus Tiono, di Mojokerto, Kamis, 14 Januari 2021.

    Inovasi ini, kata Agus, menemukan momentumnya pada 2019. Saat itu, MAN 2 Mojokerto mendapat amanah bantuan pembangunan dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

    Anggaran yang diamanahkan itu digunakan untuk membangun gedung workshop keterampilan. “Gedung dua lantai tersebut pada akhirnya menjadi ikon dan primadona baru bagi MAN 2 Mojokerto,” ujarnya. 

    Baca juga:  Seleksi Masuk PTKIN Jalur Prestasi Diluncurkan, Biaya Pendaftaran Gratis

    MAN 2 Mojokerto selanjutnya berkembang menjadi madrasah plus keterampilan. Para siswa dibekali dengan enam jenis pilihan life skills, yaitu: Design Grafis, Animasi, Kriya Batik, Tata Busana, Tata Boga, dan Multi Media. “Gedung workshop keterampilan SBSN MAN 2 Mojokerto sudah dilengkapi dengan beberapa ruangan untuk praktik keterampilan dengan alat yang terbaru dan canggih,” jelasnya.

    Untuk meningkatkan kualitas pengajaran keterampilan di MAN 2 Mojokerto, kata Agus, madrasahnya juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan dan dunia kerja sebagai tempat untuk pelatihan/magang. “Bursa kerja dan Campus Fair juga menjadi agenda tahunan rutin di MAN 2 Mojokerto,” tuturnya.

    Dampaknya, dalam dua tahun terakhir, prestasi MAN 2 Mojokerto terus mengalami peningkatan, baik tingkat provinsi maupun nasional. Tidak kurang delapan prestasi nasional dan 18 tingkat provinsi yang diraih para siswa, antara lain: Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat SMA/MA/SMK NutResearch National (2020), Juara 3 Film Animasi dalam Festival Semar ISI Yogyakarta se-Jawa-Bali (2020), dan The Best 20 Festival UR Video Telkomsel National Competition (2020)

    Tidak hanya siswa, prestasi juga diukir para guru dan tenaga kependidikan MAN 2 Mojokerto. Tercatat ada empat prestasi nasional dan tujuh tingkat provinsi yang mereka ukir dalam rentang 2019 – 2020.

    Prestasi itu antara lain diraih pada Anugerah Guru Prestasi Tingkat Nasional tahun 2019, baik untuk kategori Kepala Madrasah dan Guru MA. Prestasi lainnya diraih pada Anugerah Guru Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional tahun 2019, dan Anugerah Tenaga kependidikan Pustakawan Tingkat Nasional tahun 2019.

    “Prestasi yang diraih MAN 2 Mojokerto tidak lepas dari kerja keras 120 guru dan tenaga kependidikan, serta 1.333 siswa yang didukung lengkapnya fasilitas penunjang pendidikan,” tutur Agus.

    “Saat ini, gedung Workshop Keterampilan MAN 2 Mojokerto menjadi magnet dan primadona di mata masyarakat umum dan menjadikan pelayanan pendidikan di MAN 2 Mojokerto semakin prima,” sambungnya. 


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id