UI Bekali Dokter Muda 'Modul Tanggap Pandemi' Sebelum Terjun Tangani Covid-19

    Citra Larasati - 24 Juni 2021 18:00 WIB
    UI Bekali Dokter Muda 'Modul Tanggap Pandemi' Sebelum Terjun Tangani Covid-19
    Kampus UI. Foto/Dok. UI.



    Jakarta:  Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menyatakan siap untuk membantu pemerintah dalam menerjunkan dokter mudanya untuk membantu penanganan covid-19.  Menyusul Kementerian Kesehatan memanggil para dokter muda untuk mengisi kekurangan tenaga kesehatan di tengah lonjakan kasus covid-19 di sejumlah fasilitas kesehatan.

    Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Ari Fahrial Syam mengatakan, bahwa keterlibatan Universitas Indonesia dalam membantu penanganan covid-19 sebenarnya sudah sejak lama dilakukan.  Bahkan sejak mahasiswanya masih kuliah di Fakultas Kedokteran. 

     



    Mulai dari melakukan pengumpulan donasi untuk membeli suplemen dan Alat Pelindung Diri (APD), hingga turun langsung menjadi relawan di Call center covid-19.   

    "Mereka juga membuat tulisan-tulisan yang dipublikasi di jurnal internasional. saat ini kita juga  membantu vaksinasi di beberapa wilayah di DKI dan di RS UI.  Kita bantu vaksinasi di RSCM juga," sebut Ari kepada Medcom.id, Kamis, 24 Juni 2021.

    Dokter Muda

    Tidak berhenti sampai di situ, saat mahasiswa sudah lulus menjadi sarjana kedokteran dan selesai mengikuti Program Profesi Dokter, para dokter muda UI langsung diberangkatkan ke daerah penempatannya masing-masing untuk mengikuti program internship

    "Otomatis di daerah penempatannya nanti para dokter muda UI ini akan ikut membantu pemerintah dalam pelayanan covid-19, karena memang pasti itu yang menjadi concern di setiap fasilitas kesehatan di daerah," kata Ari.

    Menyadari kondisi ini, para dokter muda ini juga akan mengikuti pembekalan tentang covid-19 sebelum terjun ke daerah penempatan.  "Bahkan FKUI mendapat tanggung jawab dari PPSDM untuk memberikan modul tanggap bencana ini, mereka dikasih pembekalan tentang covid-19," ujar Ari.
     



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id