comscore

Kemendikbudristek Beri Lampu Hijau USK Jadi PTN-BH

Citra Larasati - 11 November 2021 22:11 WIB
Kemendikbudristek Beri Lampu Hijau USK Jadi PTN-BH
Kampus Universitas Syiah Kuala. Foto: Dok. USK
Jakarta:  Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menyetujui Universitas Syiah Kuala untuk bertransformasi statusnya menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN BH).  Namun USK belum dapat menggelar kegiatan akademik dan nonakademik secara otonom, sampai ditetapkannya status tersebut dalam bentuk Peraturan Pemerintah. 

Keputusan tersebut berdasarkan Surat yang diterima USK, dan ditandatangani oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng. (Banda Aceh, 10 November 2021).  Dalam surat tersebut Nizam mengatakan, dokumen usulan perubahan USK menjadi PTN-BH yang disampaikan Rektor USK sudah dievaluasi.
Berdasarkan evaluasi terhadap dokumen usulan tersebut, pada prinsipnya Kementerian menyetujui untuk dapat diproses lebih lanjut.  Selanjutnya, Nizam menyebutkan sebelum ditetapkannya Peraturan Pemerintah tentang USK menjadi PTN-BH, maka USK masih tetap diselenggarakan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PTN BLU).

Sehingga belum diperkenankan menyelenggarakan kegiatan akademik dan non akademik secara otonom.  Terkait hal ini, Rektor USK Samsul Rizal menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam mewujudkan cita-cita USK menjadi PTN BH.

Terutama kepada Tim Penyusun Dokumen USK menjadi PTN BH yang telah bekerja keras dan penuh integritas dalam beberapa bulan terakhir.  “Alhamdulillah, kerja keras tim USK sedikit lagi telah menjadi nyata. Masa tunggu ini kiranya dapat dipergunakan untuk tetap menjaga capaian-capaian yang telah berhasil diraih,” ujarnya.

Rektor mengungkapkan, tujuan USK untuk betransformasi statusnya dari PTN Badan Layanan Umum (PTN BLU) menjadi PTN BH adalah agar tata kelola perguruan tinggi ini lebih baik. Sebab dengan demikian, perguruan tinggi ini dapat lebih mudah dalam berakselerasi dalam mewujudkan visi misinya.

Baca juga:  USK Rampung Lengkapi Dokumen Usulan PTNBH

Selama ini, ungkap Samsul, USK telah berkembang sangat baik. Ada banyak pencapaian penting yang berhasil diraih USK  dalam beberapa tahun ini.  “Semua itu menunjukkan bahwa USK sudah berada di jalur yang benar dalam mewujudkan cita-citanya. Untuk itulah, kita bekerja keras dan berdoa semoga tahun ini USK bisa bertransformasi menjadi PTN BH,” ucap Rektor.

Untuk diketahui, PTN-BH merupakan level tertinggi dalam hierarki PTN karena memiliki otonomi penuh dalam mengelola keuangan dan sumber daya, termasuk dosen dan tenaga kependidikan (tendik).

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id