comscore

Pendidikan Kedokteran Harus Adaptif dengan Kebutuhan Masa Depan

Arga sumantri - 26 Oktober 2021 09:06 WIB
Pendidikan Kedokteran Harus Adaptif dengan Kebutuhan Masa Depan
Ilustrasi. Medcom.id
Bandung: Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Tri Hanggono Achmad mengatakan, tenaga profesional perlu meningkatkan kapasitas dan adaptif terhadap pekerjaan baru yang akan muncul. Termasuk, di bidang kesehatan.

"Munculnya revolusi industri 4.0 ini mendorong bahwa tenaga kerja atau profesional ke depan itu harus selalu mempelajari kemampuan baru dan secara terus menerus dia harus mampu adaptif terhadap pekerjaan baru yang muncul, kata Tri mengutip siaran pers Unpad, Selasa, 26 Oktober 2021.
Seorang dokter misalnya, kata dia, meski ke depan masih menjalani bidang pekerjaan yang sama, beragam teknik, keterampilan, dan pendekatan yang digunakan pasti berubah dan muncul hal baru. Variasi atau diferensiasi dari pekerjaan yang selama ini dijalani juga akan muncul.

"Covid-19 mempercepat terjadinya transformasi ini. Sesuatu yang baru dipikirkan sepuluh tahun ke depan atau lima tahun ke depan, demand nya sudah muncul sekarang," ujarnya.

Menurutnya, kompetensi yang diperlukan di masa depan adalah terkait penguasaan teknologi, sosial dan emosional, serta higher cognitive skills.

Baca: Pemerintah Didorong Segera Susun Peta Jalan Pendidikan Kedokteran Gigi

Selain itu Tri juga menyebutkan bahwa perlunya kemampuan agilitas dan terlibat terhadap berbagai jenis pekerjaan dan konteks yang berbeda. Hal ini dikarenakan interaksi dunia kerja menjadi lebih cair.

Rektor ke-11 Unpad ini menjelaskan, dengan adanya dorongan ilmu pengetahuan dan teknologi, spesialisasi kemampuan akan tetap muncul. Namun, aspek otomatisasi, digitalisasi, dan dinamis tetap tidak bisa dihindari.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id