Kampus Daring akan Dipantau ICE Institute

    Candra Yuri Nuralam - 27 Agustus 2019 11:48 WIB
    Kampus Daring akan Dipantau ICE Institute
    Menristekdikti, Mohamad Nasir, Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.
    Bali:  Seluruh perguruan tinggi berbasis daring di nusantara akan dipantau Indonesia Cyber Educational (ICE) Institute.  ICE institute akan memastikan standar kampus siber tetap baik.

    "ICE institute itu adalah regulator yang akan mengatur proses pembelajaran yang menggunakan daring," kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir di Hotel Grand Ina, Sanur, Bali, Selasa, 27 Agustus 2019.

    ICE institute juga akan mengurus segala hal terkait perizinan pengadaan kampus daring saat hendak mengajukan pendirian. Hal yang menjadi standarisasi mulai dari sistem perkuliahan, mata kuliah, program kuliah sampai sistem daring untuk proses perkuliahan.

    "Artinya apakah sistem pembelajaran (kampus daring) itu memenuhi standar atau tidak dia yang akan me-review, kalau memenuhi standar oke boleh jalan," ujar Nasir.

    Nasir mengatakan, pemantauan kampus daring ini bersifat wajib. Jika tidak, kampus itu bisa berlaku sewenang-wenang dalam melakukan pembelajaran.

    "Kalau enggak dipantau kan nanti sembarangan kualitasnya, jadi enggak terkontrol," tandasnya.

    Baca:  Universitas Siber Asia Resmi Kantongi Izin Pendirian

    ICE Institute didirikan atas dasar Peraturan Menristekdikti nomor 51 Tahun 2018 Pasal 52 Ayat 1,  Lembaga ini merupakan lembaga nonstruktural di lingkungan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

    Pendirian ICE Institute berada di bawah Dirjen Kelembagaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan melibatkan beberapa perguruan tinggi yaitu Universitas Terbuka (UT), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Bengkulu (UNIB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Pradita Institut, dan  Universitas Bina Nusantara (Binus).




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id