Pandemi Covid-19 Berdampak Pada Menurunnya Asupan Gizi Siswa

    Ilham Pratama Putra - 25 Januari 2021 12:13 WIB
    Pandemi Covid-19 Berdampak Pada Menurunnya Asupan Gizi Siswa
    Siswa menggunakan masker saat pandemi covid-19. Foto: Medcom.id/Citra Larasati



    Jakarta: Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumeri menyebut, pandemi covid-19 berpengaruh terhadap pemenuhan gizi bagi pelajar. Hal ini disebabkan adanya penurunan kemampuan ekonomi keluarga akibat pandemi.

    "Kalau sebuah keluarga mengalami penurunan tingkat penghasilan, maka dapat dipastikan bahwa yang akan dikorbankan adalah kualitas gizinya," kata Jumeri dalam siaran YouTube Direktorat Sekolah Dasar, Senin, 25 Januari 2021.






    Jumeri mengatakan, jika hal tersebut sangat disayangkan. Sebab, jika kebutuhan gizi tidak terpenuhi maka pelajar akan sulit melakukan proses pembelajaran.

    "Ini yang harus jadi ikhtiar kita dalam meningkatkan status gizi anak-anak kita agar terhindar dari anemia yang pada gilirannya akan punya kemampuan meningkatkan hasil belajar yang baik," sambung Jumeri.

    Setidaknya, kata Jumeri, keluarga harus bisa memberikan kuantitas dan kualitas gizi yang minimum agar para pelajar tidak mengalami anemia.

    Baca juga:  Angka Anemia Siswa Indonesia Tinggi Ancam Kualitas Belajar

    Selanjutnya, dia ingin seluruh pihak mampu mengontrol gizi para pelajar di tengah pandemi. Pemerintah, sekolah, hingga keluarga harus terlibat dalam pemenuhan gizi tersebut. Sebab jika telah mengalami anemia, siswa akan sulit melakukan pembelajaran.

    "Harus ada kontrol untuk peningkatan pencegahan orang tua dan sekolah dalam mencegah anemia sejak anak SD. Pemahaman harus dijalankan seluruh pihak," tutup Jumeri. 


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id