Kuota Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dipatok 20 Ribu Peserta

    Ilham Pratama Putra - 12 April 2021 21:50 WIB
    Kuota Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dipatok 20 Ribu Peserta
    Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam. Zoom.



    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Mahasiswa dapat berkuliah di perguruan tinggi yang sama-sama tergabung dalam program tersebut.

    Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud, Nizam menyebut kuota peserta program ini sebanyak 20 ribu mahasiswa. Nizam menyebut ada sekitar 100 ribu mahasiswa yang berpotensi mendaftar dan mengikuti seleksi.






    "Tentu ini kompetitif, yang mendaftar 100 ribu, tersedianya 20 ribu, yang 80 ribu terpaksa gugur. Jadi segera saja, segera mendaftarkan diri," kata Nizam dalam Peluncuran Pertukaran Mahasiswa Merdeka secara daring, Selasa, 12 April 2021.

    Alur pendaftaran dimulai pada 19 April 2021. Pendaftaran dapat dilakukan pada laman bit.ly/PertukaranMahasiswaMerdeka.

    "Kemudian ada seleksi dan penempatan peserta pada bulan Juli sampai Agustus dan pelaksanaan perukaran mahasiswa merdekanya pada Agustus sampai Januari 2022," terang Nizam.

    Baca: Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdeka untuk Kampus Dibuka 19 April

    Setelah selesai menjalani program di perguruan tinggi tujuan, maka mahasiswa mendapatkan transfer Satuan Kredit Semester (SKS). Satu semesternya mahasiswa mendapatkan sebanyak 20 SKS.

    "Peserta program pertukaran mahasiswa merdeka, mahasiswa akan mendapatkan 20 SKS dari mata kuliah dan kegiatan kebudayaan yang mereka ikuti," kata Mendikbud Nadiem Makarim.

    Mahasiwa tersebut berpotensi untuk berkeliling nusantara. Sebab tak ada batasan pilihan perguruan tinggi untuk dipilih dalam program ini. "Selama satu semester mahasiswa akan berpindah dari satu pulau ke pulau lainnya untuk mengeksplorasi keragaman budaya daerah tujuannya," ujar Nadiem.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id