SMAN 8 Jakarta Gelar LDK Siswa Secara Daring

    Medcom - 25 Oktober 2020 13:22 WIB
    SMAN 8 Jakarta Gelar LDK Siswa Secara Daring
    Kepala SMAN 8 Jakarta, Rita Hastuti. Foto: SMAN 8 Jakarta
    Jakarta: SMAN 8 Jakarta melakukan latihan dasar kepemimpinan (LDK) siswa secara daring. Kegiatan yang dilaksanakan Sabtu, 24 Oktober 2020, ini diikuti seluruh peserta didik kelas X yang berjumlah 345 orang. Terdiri atas 145 peserta didik putra dan 200 peserta didik putri. 

    "Kegiatan ini diadakan secara synchronous dan asynchronous. Secara synchronous dengan disiarkan langsung melalui kanal youtube SMA Negeri 8 Jakarta dan zoom meeting," kata Kepala SMAN 8 Jakarta, Rita Hastuti, melalui keterangan tertulis, Minggu, 25 Oktober 2020. 

    Adapun secara asynchronous peserta didik dapat menyimak video yang telah disiapkan oleh pemateri dengan belajar mandiri. Selain itu, seluruh peserta juga mengikuti posttest untuk mengukur keterserapan materi yang telah disiapkan oleh narasumber.

    Rita mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk membentuk kepribadian para peserta didik. Terutama, untuk membentuk personal leadership (kepemimpinan pribadi) siswa. 

    "Siswa harus mampu memimpin dirinya terlebih dahulu sebelum dapat memimpin orang lain atau organisasi," kata Rita.

    Peserta didik yang telah berhasil mengikuti LDKS mendapatkan sertifikat yang menjadi tiket untuk mengikui kegiatan ekstrakurikuler. Seperti, menjadi syarat mengikuti OSIS, perwakilan kelas (PK), dan jabatan tinggi pada ekstrakurikuler. 

    Materi dalam kegiatan ini meliputi kepemimpinan yang disampaikan oleh Ratiyono; materi pencegahan narkoba yang disampaikan oleh Untung Subagio dari Badan Narkotika Nasional (BNN) DKI Jakarta; materi keorganisasi dan problem solving yang disampaikan oleh Rio Ashadi; serta pendidikan karakter yang disampaikan oleh Aries Setiawan. Di samping materi-materi tersebut, ada juga selingan acara yang sifatnya menghibur.


    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id