RS Akademik UGM Siap Jadi Laboratorium Tes Korona

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 17 Maret 2020 12:35 WIB
    RS Akademik UGM Siap Jadi Laboratorium Tes Korona
    Rektor UGM, Panut Mulyono. Foto: Medcom.id/Citra Larasati
    Jakarta: Universitas Gadjah Mada (UGM) mengaku siap membantu pemerintah mengatasi penyebaran virus korona di Indonesia.  Salah satunya, UGM telah menyiapkan Rumah Sakit Akademik UGM sebagai labarotorium untuk tes coronavirus disease atau covid-19.

    "Laboratorium analisis/pemeriksaan terkait covid-19. Ini sedang menunggu bantuan peralatan dari pemerintah," kata Rektor UGM Panut Mulyono kepada Medcom.id, Jakarta, Selasa, 17 Maret 2020.

    Selain itu, UGM terus mengembangkan hand sanitizer berbahan herbal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Karena memang kekinian benda satu ini langka, sama halnya dengan masker.

    Sementara terkait usulan Kepala Kantor Staf Presiden bahwa mahasiswa Fakultas Kedokteran diminta menjadi tenaga medis tambahan, Panut menegaskan, siap menerjukan mahsiswanya untuk menjadi tenaga medis tambahan. "Prinsipnya UGM siap mendukung program-program pemerintah untuk mengatasi wabah covid-19," ungkapnya.

    Baca juga:  Mahasiswa Kedokteran Diminta Jadi Tenaga Medis Tambahan

    Sebelumnya diberitakan, Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko turut berkoordinasi dengan perguruan tinggi dalam mencegah penyebaran virus korona atau coronavirus disease (covid-19).  Moeldoko meminta bantuan kepada Fakultas Kedokteran (FK) untuk menyiapkan mahasiswanya sebagai tenaga medis tambahan.

    Bahkan Moeldoko meminta Rumah Sakit Pendidikan dapat dijadikan tempat pemeriksaan virus korona. Moeldoko juga menyampaikan, perlunya ‘suara’ yang sama antarfakultas di perguruan tinggi soal menghadapi korona.

    "Jadi kita perlu membentuk wadah para ahli dari kampus yang secara berkala yang bisa memberikan masukan pada pemerintah," ujarnya.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id