Pendaftaran Calon Taruna PTDI-STTD 2021 Ditutup Akhir April

    Citra Larasati - 19 April 2021 10:33 WIB
    Pendaftaran Calon Taruna PTDI-STTD 2021 Ditutup Akhir April
    Kampus PTDI-STTD



    Jakarta:  Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Politeknik Transportasi Darat Indonesia - Sekolah Tinggi Transportasi Darat (PTDI-STTD) 2021 dibuka.  Untuk itu, PTDI-STTD menggelar Sosialisasi Sipencatar Pola Pembibitan Tahun 2021.
     
    Direktur PTDI-STTD, Hindro Surahmat menjelaskan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) memberikan alokasi sebanyak 3.210 orang taruna baru.  Taruna itu akan disebar ke 21 sekolah kedinasan atau Unit Pelaksana Tugas (UPT) di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP)  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di matra darat, laut, dan udara.

    "Dari jumlah tersebut, Matra Darat dengan jumlah lima sekolah kedinasan mendapatkan alokasi Sipencatar yang paling besar, yaitu sebanyak 1.548 peserta. Di dalamnya ada PTDI-STTD," kata Hindro dalam siaran persnya, Senin, 19 April 2021.






    Baca juga:  Kisah Wahju, Wisudawan Tertua ITS yang Lulus dengan IPK Sempurna

    Menurut Hindo, ini merupakan peluang bagi remaja putra dan putri yang ingin meniti karier di bidang transportasi, khususnya transportasi darat. Untuk proses pendaftarannya sudah di mulai sejak 9 hingga 30 April 2021 mendatang.

    Para Sipencatar dapat mendaftar melalui https://sscndikdin.bkn.go.id atau https://sipencatar.dephub.go.id.  Ia menambahkan, pada Sipencatar 2021 ini ada dua jalur penerimaan yaitu melalui pola reguler dengan pola pembibitan dan nonpembibitan, lalu ada juga jalur nonreguler atau mandiri.

    Untuk pola pembibitan ini terdiri atas pola pembibitan pemda dan pola pembibitan pusat (Kemenhub). Sedangkan untuk tahapan Sipencatar jalur regular pola pembibitan daerah, dikhususkan untuk putra dan putri dari daerah yang sudah menandatangani kesepakatan seperti dengan PTDI-STTD dan ada juga pola pembibitan pusat yang terdiri dari tiga tahap seleksi. 

    Pertama, kata Hindro, melalui seleksi administrasi secara online, lalu tahap kedua adalah tes kompentesi dasar berbasis CAT (Computer Assisted Test). Sedangkan untuk tahap ketiga atau terakhir, calon taruna dan taruni harus mengikuti tes kesehatan, tes kesamaptaan dan psikotest, serta wawancara.

    Untuk tahun ini, PTDI-STTD, membuka tiga program pendidikan. Terdiri dari dua Diploma Tiga (D-3), yaitu Manajeman Transportasi Jalan (MTJ) dan Manajemen Transportasi Perkeretaapian (MTP).  "Selain itu ada satu Diploma Empat (D-4) Transportasi Darat, serta akan segera dibuka juga prodi Strata Dua (S-2)," katanya.

    Di masa Pandemi Covid 19 ini, kata Hendro, PTDI-STTD juga tetap menjalankan proses belajar dan mengajar sesuai dengan arahan dari BPSDMP Kemenhub dan Gugus Tugas Covid 19.  Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, yaitu dengan menjaga jarak, menggunakan masker, dan rajin mencuci tangan.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id