Ingat, Registrasi Akun LTMPT untuk UTBK-SBMPTN Ditutup 12 Maret

    Ilham Pratama Putra - 02 Maret 2021 14:36 WIB
    Ingat, Registrasi Akun LTMPT untuk UTBK-SBMPTN Ditutup 12 Maret
    Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala



    Jakarta: Calon peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) diminta untuk memiliki akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Batas akhir registrasi akun LTMPT tahap kedua ini akan ditutup pada 12 Maret 2021.

    Ketua Pelaksana LTMPT Budi Prasetyo menyatakan registrasi ini khususnya diimbau kepada lulusan 2019 dan 2020 yang akan daftar UTBK-SBMPTN. Maupun siswa kelas 12 tahun 2021 yang belum memiliki akun LTMPT.






    "Siswa lulusan tahun 2020 dan 2019 yang akan daftar UTBK-SBMPTN. Siswa kelas 12 tahun 2021 yang belum memiliki akun LTMPT," kata Budi kepada Medcom.id, Selasa, 2 Maret 2021.

    Peserta harus memperhatikan beberapa hal dalam membuat akun LTMPT tersebut.

    Pertama, masuk dalam portal.ltmpt.ac.id. Kemudian peserta memilih registrasi dengan klik daftar sebagai siswa.

    Baca: Berminat Jadi Mahasiswa Baru UI? Ini Jalur dan Jadwal Pendaftarannya

    Di laman selanjutnya perserta mengisi kolom Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan tanggal lahir. Jika tidak berhasil, maka ada data yang tidak sinkron dan peserta harus melakukan cek ulang data.

    Jika berhasil, akan muncul tampilan biodata awal peserta. Pastikan data sudah sesuai. Jika terdapat perbedaan data, peserta harus menghubungi sekolah untuk perbaikan data.

    Ketika biodata sudah sesuai, peserta diminta memasukkan alamat email. Disarankan menggunakan alamat google mail (Gmail).

    Pastikan alamat email aktif, dan peserta tidak lupa password emailnya. Sebab email tersebut nantinya akan menerima tautan regristasi akun LTMPT.

    Link ini nantinya akan digunakan untuk login akun LTMPT. Peserta akan dimintakan kembali alamat emailnya dan membuat password baru untuk akun LTMPT.

    Setelah itu, peserta tinggal klik daftar. Untuk kemudian tinggal menunggu konfirmasi dari LTMPT di email, sebagai pemberitahuan akun LTMPT peserta sudah teraktivasi.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id