comscore

Menjadikan Perpustakaan Destinasi Favorit Remaja Masih Jadi Tantangan

Ilham Pratama Putra - 20 Desember 2021 21:23 WIB
Menjadikan Perpustakaan Destinasi Favorit Remaja Masih Jadi Tantangan
Plt Dirjen Diktiristek Nizam. Zoom. Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Jakarta: Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Diktiristek Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nizam menyebut jika perpustakaan harus menjadi tempat favorit bagi anak muda. Ia berharap anak muda lebih banyak menghabiskan waktu di perpustakaan.

"Ini menjadi tantangan besar kita bagaimana menjadikan perpustakaan itu atraktif, menjadi tempat remaja kita meluangkan waktunya," kata Nizam dalam Webinar E-Resource Perpustakaan Nasional RI Mendukung Kampus Merdeka, Senin 20 Desember 2021.
Baca: Nadiem Bentuk Pokja Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Bidang Pendidikan

Bila situasi demikian terjadi, kata Nizam, kemampuan literasi generasi Indonesia akan meningkat seiring waktu. Ia mengatakan, budaya membaca buku akan menjadikan generasi muda lebih kritis terhadap berbagai informasi.

"Dia akan lebih mampu mencerna, memiliki kemampuan berkreasi dari sana. Ini adalah fakta, dengan membaca, literasi dan kreativitas akan meningkat dan tumbuh melalui bacaan," lanjut dia.

Nizam menambahkan, membaca buku juga dapat meningkatkan kemapuan imajinasi. Berbagai macam pengetahuan pun akan lebih terasah.

Kemampuan literasi ini juga akan membuat generasi muda lebih siap menghadapi era post-truth society. Pada era tersebut, kebenaran di dunia digital bisa saja menjadi satu hal yang menyesatkan.

"Yang mana kebenaran virtual ini bisa jadi menyesatkan kalau kita tidak hati-hati. Jadi dengan penguatan litarasi kita tidak mudah diracuni akal sehatnya," tutup Nizam.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id