comscore

Apa Semua Jenis Pekerjaan Dapat Menggunakan PKWT? Simak Yuk Penjelasan Berikut Ini

Muhammad Syahrul Ramadhan - 28 Desember 2021 12:06 WIB
Apa Semua Jenis Pekerjaan Dapat Menggunakan PKWT? Simak Yuk Penjelasan Berikut Ini
Apa Semua Jenis Pekerjaan Dapat Menggunakan PKWT? Simak Yuk Penjelasan Berikut Ini (Ilustrasi Medcom.id)
Jakarta: Di Indonesia terdapat dua perjanjian kerja yang diterapkan yakni Perjanjian Kerja Waktu Tertentu dan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) dan Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT). Kedua perjanjian tersebut diatur dalam peraturan perundang-undangan Indonesia. Namun sayang, masih banyak pencari kerja yang belum memahaminya.

Nah, bagi Kamu pencari kerja ini Medcom.id akan membahas pengertian PKWT dan jenis pekerjaan yang dapat menggunakan perjanjian kerja waktu tertentu. Berikut penjelasan PKWT.

Pengertian PKWT

Dilansir dari Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI No. KEP.100/MEN/VI/2004 tentang Pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu dan Peraturan Pemerintah Nomor 35 tahun 2021 (PP 35/2021) tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat, dan Pemutusan Hubungan Kerja, yang merupakan aturan turunan dari UU Cipta Kerja No. 11 tahun 2020, pengertian Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) adalah perjanjian kerja antara pekerja/buruh dengan pengusaha untuk mengadakan hubungan kerja dalam waktu tertentu atau untuk pekerjaan tertentu. PKWT didasarkan atas jangka waktu atau selesainya suatu pekerjaan tertentu berdasarkan perjanjian kerja.
Dikutip dari laman Insight Talenta, PKWT  adalah perjanjian kerja yang mengikat karyawan dalam waktu tertentu. Pada umumnya, PKWT diberlakukan perusahaan kepada karyawan kontrak atau para pekerja lepas di mana perusahaan memberlakukan batas waktu untuk bekerja kepada karyawan.

Jenis pekerjaan dengan PKWT

Apakah semua jenis pekerjaan bisa menggunakan PKWT? Jawabannya, No! Dilansir dari Twitter resmi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) @KemnakerRI, PKWT tidak dapat dilakukan untuk pekerjaan yang bersifat tetap.

Lalu jenis pekerjaan apa yang bisa menggunakan PKWT? Simak penjelasan selanjutnya. Perjanjian dengan PKWT berdasarkan atas jangka waktu atau selesainya suatu pekerjaan tertentu.

Jangka waktu

  • Pekerjaan yang diperkirakan penyelesaiannya dalam waktu yang tidak terlalu lama.
  • Pekerjaan yang bersifat musiman.
  • Pekerjaan yang berhubungan dengan produk baru, kegiatan baru, atau produk tambahan
  • yang masih dalam percobaan atau penjajakan.

Selesainya suatu pekerjaan

  • Pekerjaan yang sekali selesai.
  • Pekerjaan  yang sementara sifatnya.

Berapa lama periode PKWT

Dalam unggahan @Kemanker, disebutkan jangka waktu PKWT paling lama lima tahun. Jika pekerjaan belum selesai maka dapat dilakukan perpanjang PKWT dengan jangka waktu sesuai kesepakatan antara Perusahaan dengan Pekerja dengan ketentuan jangka waktu keseluruhan PKWT beserta perpanjangannya tidak lebih dari lima tahun.

Sedangkan jika berdasarkan selesainya suatu pekerjaan, dapat dilaksanakan sesuai kesepakatan antara perusahaan dan pekerja dan dapat diperpanjang sampai batas waktu tertentu hingga selesainya pekerjaan.

Itu tadi pengertian PKWT dan jenis pekerjaan yang dapat menggunakan PKWT. Semoga bermanfaat!

 

(RUL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id