Monash University 'Cabang' Indonesia Khusus S2 dan S3

    Ilham Pratama Putra - 13 Februari 2020 09:09 WIB
    Monash University 'Cabang' Indonesia Khusus S2 dan S3
    Presiden Joko Widodo (kiri) menyambut kunjungan kehormatan Perdana Menteri Australia Scott Morrison (kanan) di Istana Merdeka. Foto: MI/Ramdani
    Jakarta:  Monash University akan menjadi universitas asing pertama yang membuka kampus di Indonesia.  Izin mereka membuka kampus di Indonesia juga telah mendapat restu dari presiden Joko Widodo (Jokowi).

    Nantinya kampus dari Australia itu akan menaungi mahasiswa di jenjang doktoral dan magister. Namun bagaimana strukturnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih belum mengetahui lebih lanjut.

    "Bagaimana nanti strukturnya, nanti mohon tanya sendiri kepada Monash. Itu hak mereka yang meng-announce seperti apa," kata Mendikbud, Nadiem Makarim di Gedung Kemendikbud, Rabu 12 Februari 2020.

    Nadiem hanya mengetahui program S2 dan S3 yang dibuka Monash dapat membantu Universitas di Indonesia dalam merintis berbagai macam riset partnership. Menurutnya, kesempatan itu sangat istimewa untuk Indonesia.

    "Jadi asyik banget, kita nanti bisa dapet profesor-profesor yang bekerja sama dengan profesor di Indonesia untuk melakukan berbagai riset project," jelas Nadiem.

    Menurut Nadiem, program S3 di Indonesia banyak mengeluarkan penelitian. "Jadi itu yang nanti berkolaborasi dengan berbagai macam universitas di Indonesia," lanjutnya.

    Selain itu, keberadaan Monash juga dapat menekan devisa negara. Anak-anak Indonesia punya pilihan kuliah di dalam negeri tanpa harus mengeluarkan biaya hingga ke luar negeri.

    "Anak-anak juga bisa lebih dekat ke keluarga mereka, dan devisa enggak keluar negeri juga. Jadi itu satu hal yang cukup baik untuk pendidikan di Indonesia dan didukung oleh pak presiden juga," ungkapnya.

    Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyebut ratifikasi Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) rampung. Kerja sama pendidikan untuk pengembangan sumber daya manusia bakal dikembangkan.

    “Tadi sudah disampaikan Perdana Menteri (PM Australia) Scott Morrison mengenai akan dibukanya Monash University di Indonesia,” kata Kepala Negara dikutip dari laman Setkab.go.id, Senin, 10 Februari 2020.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id