Webinar UI GreenMetric

    Membaca Sisi Lain Pandemi

    Arga sumantri - 22 Mei 2020 16:05 WIB
    Membaca Sisi Lain Pandemi
    Webinar UI GreenMetric. Dokumentasi Humas UI
    Jakarta: Pandemi virus korona (covid-19) mempunyai sejumlah sisi positif yang bisa dijadikan pelajaran. Salah satunya, pandemi turut memunculkan perubahan positif, yakni berkurangnya jejak karbon, dan peningkatan konsumsi pasokan makanan lokal seperti buah, sayur, ikan, dan ayam.

    "Kita melihat orang lebih banyak berjalan dan naik sepeda yang dilakukan secara terbatas di lingkungannya," kata Ketua Universitas Indonesia (UI) GreenMetric World University Rankings, Riri Fitri Sari, melalui siaran pers, Jumat, 22 Mei 2020.

    Riri menuturkan seluruh kampus di dunia telah bergerak cepat menjadi menjadi pusat sosialisasi dan penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19. Berbagai langkah edukasi dan bantuan sosial juga dikerahkan pihak kampus untuk mendukung masyarakat sekitar, karyawan, pedagang di dalam lingkungan kampus. 

    "Kampus di berbagai belahan dunia juga menjalankan program pembelajaran jarak jauh untuk menghindari tatap muka dan mencegar penyebaran penularan covid-19. Di sisi lain, kampus-kampus juga memberikan kuota internet untuk mahasiswa dan upaya lainnya telah dilakukan," ujarnya.

    Baca: UI Kembangkan Sistem Penyimpanan Energi Listrik Mobile

    Para pemimpin kampus mengaku telah pula menjalankan program penyediaan makanan gratis bagi mahasiswa di kampus, asrama, dan tempat kos. Hal ini dilakukan guna menjaga ketahanan pangan di tengah situasi physical distancing. 

    "Dan pemanfaatan urban farming di kampus untuk memenuhi kebutuhan sayuran bagi pengajar dan karyawan dan upaya lainnya," paparnya.

    Sementara, Sekretaris UI Agustin Kusumayati menuturkan masalah dunia sekarang begitu kompleks. Mulai dari perubahan iklim, kekurangan energi, kekurangan air, kekurangan makanan, dan berbagai masalah rumit lainnya, perlu ditinjau dari hubungan manusia dan planet bumi. Ia mengapresiasi UI GreenMetric, yang secara konsisten mengawal dan mencari solusi atas permasalahan lingkungan hidup tersebut. 

    "UI GreenMetric juga menjadi pemeringkatan kampus yang menginisiasi kerja sama pemangku kepentingan lingkungan kampus di dunia untuk mencapai SDGs ke-17 (Kemitraan Global)," ungkap Agustin.

    Sederet hal ini dibahas dalam webinar yang diselenggarakan Universitas Indonesia GreenMetric bertajuk 'Kampus Berkelanjutan dan Ketahanan Pangan', Selasa, 20 Mei 2020. Sebanyak 330 peserta dari 210 universitas di 33 negara hadir dalam acara ini membahas perihal strategi perguruan tinggi menghadapi disrupsi akibat pandemi covid-19, khususnya pengelolaan operasional lingkungan kampus.

    Peserta yang hadir adalah pimpinan dan pengelola keberlanjutan di perguruan tinggi anggota Jaringan UI GreenMetric World University Rankings. Ada dari Bangladesh, Brasilia, Bulgaria, Chili, Colombia, Denmark, Taiwan, Equador, Indonesia, Iraq, Iran, Irlandia, Israel, Italia, Jordan, Kazakhstan, Lebanon, Malaysia, Mexico, Pakistan, Palestina, Panama, Rusia, Saudi Arabia, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Thailand, Belanda, Tunisia, Turki, Ukraina, Uni Emirate Arab dan Amerika Serikat.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id