UNS Beri Keringanan Biaya Kuliah Selama Darurat Korona

    Rektor UNS: Mahasiswa Silakan Ajukan Pembebasan UKT

    Ilham Pratama Putra - 02 April 2020 13:58 WIB
    Rektor UNS: Mahasiswa Silakan Ajukan Pembebasan UKT
    Rektor UNS, Jamal Wiwoho.
    Jakarta: Dalam menghadapi pandemi virus korona atau coronavirus disease (covid-19) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberikan keringan pembiayaan kuliah bagi mahasiswanya. UNS mempersilakan mahasiswanya untuk mengajukan keringanan hingga pembebasan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

    "Jadi saya punya perangkat pengurangan, penundaan, pembebasan hingga pemindahan klaster UKT. Kita mengerti kondisi sulit saat ini, ya kalau mau mengajukan silakan diajukan, jadi tidak masalah," kata Rektor UNS, Jamal Wiwoho kepada Medcom.id, Kamis 2 April 2020.

    Namun pengajuan itu harus sesuai dengan kemampuan ekonomi mahasiswa berdasarkan pendapatan orang tua. UNS sendiri telah memiliki data tersebut.

    "Kami kan punya data mahasiswa ini termasuk yang Bidikmisi, yang miskin, atau orang tuanya mampu. Untuk persetujuan UKT tentu kita lihat data tersebut," ujar dia.

    Baca juga:  Terdampak Korona, Orang Tua Harapkan Keringanan Uang Kuliah

    Namun dia tidak merinci persyaratan pengajuan berdasarkan besaran kemampuan ekonomi. Yang jelas, kata Jamal, mahasiswa dengan kemampuan ekonomi yang baik diharapkan untuk terus membayar UKT secara normal.

    "Kalau sekarang mampu, ya dibayarkan sekarang.  Kalau yang kaya-kaya wajar toh kalau dia harus membayar UKT lebih besar daripada yang miskin," lanjutnya.

    Selain memberikan keringanan UKT, pihaknya juga mengupayakan bantuan dana pendidikan bagi mahasiswa. Jamal Menyebut UNS baru saja mendapat kucuran dana Rp500 juta dari ikatan alumni UNS.

    "Selain kemarin ada pulsa untuk pembelajaran daring, kita juga tempo hari menerima Rp500 juta untuk mahasiswa yang tidak mampu bayar UKT. Semua didorong agar kuliah jalan dan terjamin dalam kondisi sulit ini," pungkasnya. 




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id