Pakar UNAIR: Layanan 5G Jangan Hanya di Kota Besar

    Arga sumantri - 04 Juni 2021 14:09 WIB
    Pakar UNAIR: Layanan 5G Jangan Hanya di Kota Besar
    Ilustrasi. Foto: AFP.



    Surabaya: Pakar Universitas Airlangga (UNAIR) Badrus Zaman mengatakan, kehadiran layanan 5G dapat membawa peningkatan perekonomian. Hal ini tentu tidak terlepas dari upaya Indonesia menyongsong era revolusi industri 4.0.

    "Melalui layanan 5G di Indonesia, untuk saat ini memang sangatlah urgen. Meskipun demikian terdapat hal urgen lainnya yaitu pemerataan akses internet di Indonesia. Dua hal inilah yang saya kira mudah-mudahan dapat dipenuhi secara bersamaan," ungkap Badrus mengutip siaran pers UNAIR, Jumat, 4 Juni 2021.

     



    Badrus mengatakan bahwa layanan 5G memiliki keunggulan yaitu mempunyai kecepatan tinggi hingga gigabits dan berlantensi rendah. Tentu, hal itu menjadi solusi bagi kebutuhan streaming video, cloud computing, big data, IoT, game dan lain-lain.

    Meskipun demikian, Badrus membeberkan pemerataan layanan internet di Indonesia terutama daerah t3T, hingga saat ini masih menjadi tantangan tersendiri.

    "Dengan geografis di Indonesia yang berupa kepulauan dan pegunungan, perlu dilakukan upaya inovatif baik dari kebijakan maupun teknologi yang melibatkan pemerintah dan swasta," tutur dosen Sistem Informasi UNAIR itu.

    Baca: Kampus Islam Diminta Tingkatkan Riset Aplikatif

    Melalui momentum kehadiran layanan 5G ini, Badrus mengharapkan agar layanan ini dapat dinikmati oleh seluruh rakyat di berbagai daerah di Indonesia, bukan hanya kota-kota besar saja tetapi juga daerah-daerah pelosok di Indonesia.

    "Harapan kita seharusnya begitu, layanan 5G dapat dinikmati oleh seluruh rakyat diberbagai daerah di Indonesia. Namun, hingga saat ini layanan 4G saja belum merata, apalagi layanan 5G," ujarnya.

    Lebih lanjut, Badrus menekankan bahwa melalui layanan 5G ini tentu dapat mengupayakan pemerataan akses internet dan peningkatan layanan 5G. Hal itu dapat menjadi solusi tersendiri bagi kebutuhan SFH dan WFH selama pandemi masih berlangsung.

    "Salah satu keuntungan untuk pemerataan akses internet dan peningkatan layanan 5G. Bahkan bisa dibilang layanan 5G ini dapat menjadi solusi bagi kebutuhan SFH dan WFH selama situasi pandemi covid-19," tuturnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id