Mitigasi Bencana Perlu Libatkan Teknologi

    Intan Yunelia - 03 Januari 2020 17:22 WIB
    Mitigasi Bencana Perlu Libatkan Teknologi
    Menristek/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia
    Jakarta:  Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Bambang Brodjonegoro mengharapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bisa mengurangi curah hujan di Jabodetabek.  Secara umum, teknologi semacam ini diharapkan semakin membantu pengurangan dampak risiko kebencanaan di Indonesia. 

    Dengan pemanfaatan TMC, pergerakan awan yang masih berada di atas Laut Jawa maupun Selat Sunda dapat bergeser untuk turun di lautan, bukan di pemukiman penduduk.  "Sehingga, tidak berpotensi menimbulkan bencana maupun korban jiwa," kata Bambang saat jumpa pers Operasi TMC, di Kantor BPPT, Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 3 Januari 2020.

    Bambang mengatakan, sebagai negara yang rawan terhadap bencana, Indonesia harus punya sistem mitigasi bencana yang canggih.  Masyarakat harus diberi edukasi ramah terhadap bencana.

    Di sisi lain, pemerintah menyiapkan sistem mitigasi untuk mengurangi dampak risikonya. 

    "Tetapi kita harus belajar dari negara lain bagaimana caranya hidup menjalankan kegiatan sehari hari ekonomi berjalan tanpa hambatan meskipun daerah tempat kita tinggal itu adalah daerah yang rawan bencana. Negara seperti Jepang misalnya sudah membuktikan hal seperti itu," ujar Bambang.

    Sebagai negara tropis yang memiliki dua musim, bencana banjir dan kebakaran hutan yang paling mengancam.  Kedua bencana itu sejatinya diantisipasi dini dengan teknologi modifikasi cuaca.

    "Yang musim kemarau ya mungkin masih segar diingatan kita kebakaran hutan dan lahan itu selalu mengancam. Bahkan intensitasnya makin tinggi, barangkali juga dikait kan dengan perubahan iklim. Oleh karena itu kita tetap harus menyiapkan diri ketika masuk musim kemarau. Maka upaya modifikasi cuaca pun akan dilakukan," tutur Bambang.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id