comscore

Program Kemendikbudristek di Perguruan Tinggi Dinilai Belum Terkawal Baik

Ilham Pratama Putra - 30 Desember 2021 11:11 WIB
Program Kemendikbudristek di Perguruan Tinggi Dinilai Belum Terkawal Baik
Ketua FRI 2021-2022 Panut Mulyono. Foto: Humas UGM.
Jakarta: Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Panut Mulyono mengkritisi jalannya berbagai program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sepanjang 2021. Menurutnya, jalannya program Kemendikbudristek, khususnya di perguruan tinggi kurang terkawal dengan baik.

"Yang kurang adalah pengendalian kualitas dari program-program yang sudah diluncurkan oleh kementerian," kata Panut kepada Medcom.id, Kamis, 29 Desember 2021.
Misalnya, kata dia, pengendalian proram Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Menurut dia belum ada pengukuran kualitas program yang komprehensif.

"Apakah secara kualitas program Merdeka Belajar Kampus Merdeka sudah berjalan dengan kualitas dan impak yang diinginkan atau belum.  Proses plan, do, check, act sangat kurang," ujar Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut.

Baca: Refleksi Perguruan Tinggi 2021, FRI: Digitalisasi Kampus Kian Nyata

Meski begitu, menurut dia, penanganan pandemi, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bauran di perguruan tinggi relatif berjalan dengan baik. Dalam mengatasi pandemi, perguruan tinggi juga telah mampu bekerjasama dengan berbagai pihak untuk melanjutkan pembelajaran.

"Tapi untuk pembelajaran daring masih harus dikembangkan dengan baik adalah cara atau sistem assesment atau ujian yang betul-betul dapat mengukur capaian pembelajaran dengan valid dan akurat," tutur dia.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id