comscore

Orang Tua Mahasiswa SBM ITB Somasi Rektor Hingga Nadiem, Ini Respons Kemendikbudristek

Citra Larasati - 16 Mei 2022 21:23 WIB
Orang Tua Mahasiswa SBM ITB Somasi Rektor Hingga Nadiem, Ini Respons Kemendikbudristek
Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Nizam. Foto: Zoom
Jakarta:  Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal, Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, Nizam mengatakan, pihaknya telah menerima surat somasi dari orang tua mahasiswa di Sekolah Bisnis Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB). Somasi tersebut dilayangkan Forum Orang tua Mahasiswa SBM ITB kepada rektor, pimpinan Majelis Wali Amanat (MWA) ITB, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (mendikbudristek).

Somasi yang dilayangkan pada Kamis, 12 Mei 2022 itu terkait penyelesaian permasalahan antara rektor dan dosen SBM ITB soal pencabutan swakelola kampus yang dinilai tidak terbuka terhadap orang tua mahasiswa.  "Surat somasi dari orang tua mahasiswa SBM ITB itu sudah kita terima," kata Nizam kepada Medcom.id, Senin, 16 Mei 2022.
Nizam juga menegaskan, jika dirinya sudah berkomunikasi dengan rektor ITB untuk mengetahui perkembangan informasi pembelajarn di SBM ITB. "Saya juga sudah sampaikan ke rektor ITB untuk mendapatkan informasi pembelajaran di SBM ITB. Menurut pimpinan ITB, saat ini pembelajaran di SBM ITB tetap berjalan dengan baik," terang Nizam.

Baca juga:  Tak Berlaku Selamanya, Rektor Sebut Hak Swakelola SBM ITB Bisa Dicabut

Terkait dengan kisruh yang terjadi beberapa waktu lalu, kata Nizam, proses penyelesaian masih terus berlanjut.  "Penyelesaian masalah internal yang terjadi di lingkungan kampus masih terus dilakukan. Yang penting proses belajar mengajar tetap berjalan dan mahasiswa tidak menjadi korban. Kualitas pendidikan tetap terjaga," terangnya.

Nizam menegaskan, Kemendikbudristek telah memberikan arahan dan mendorong penyelesaian internal dengan mengedepankan komunikasi yang baik.  "Sesuai prinsip otonomi perguruan tinggi," ujar Nizam.

Sebelumnya, Forum Dosen Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) melayangkan protes terhadap pencabutan swakelola SBM ITB. Sebagian dosen tak setuju Rektor ITB, Reini Wirahadikusumah, mencabut hak swakelola tersebut.

Menurut Nizam, terkait swakelola di perguruan tinggi diserahkan sepenuhnya pada statuta kampus masing-masing. "Tatakelola perguruan tinggi tentunya mengacu pada statuta masing-masing perguruan tinggi. Tidak sama satu dan lainnya," tegasnya.

Sebelumnya, Perwakilan orang tua mahasiswa, Alin Nurdin mengatakan, surat somasi dengan Nomor 006/FOM-SBM/V/2022 dilayangkan sebagai langkah hukum FOM SBM ITB karena tak kunjung mendapatkan informasi mengenai permasalahan di SBM ITB.
 
"Surat somasi sudah minggu lalu,12 Mei dikeluarkan dan sudah disampaikan ke Rektorat ITB, MWA, dan Mendikbud," kata Ali saat dihubungi Medcom.id via telepon, Minggu, 15 Mei 2022.

Ali menuturkan, para orang tua mahasiswa dinilai berhak untuk mendapatkan informasi terkait permasalahan rektor dan dosen ITB. Pihaknya telah meminta agar rektor, MWA, dan dekanat SBM ITB mengundang orang tua mahasiswa guna memberikan penjelasan resmi perkembangan penyelesaian kasus di SBM ITB yang sudah berjalan selama dua semester.
  
"Berdasar UU nomor 20 tahun 2003 pasal 7 ayat 1 tentang sistem pendidikan nasional yang menyebut orangtua berhak berperan serta dalam memilih satuan pendidikan dan memperoleh informasi tentang perkenbangan pendidikan anaknya, upaya yang kami lakukan selama ini untuk memperoleh informasi dan kepastian tentang mutu pendidikan di SBM ITB," beber Ali.

Baca juga:  Mutu Pendidikan Dinilai Turun, Rektor hingga Mendikbud Disomasi Ortu Mahasiswa SBM ITB
 
Diakui Ali, orang tua mahasiswa SBM ITB memberikan waktu 10 hari kerja agar somasi ditanggapi. Terlebih para orangtua mahasiswa telah menghadap direktur jenderal pendidikan tinggi Kemendikbud pada 1 April 2022 untuk menyampaikan permasalahan tersebut. 
 
"Dalam pertemuan itu, kami mendapat informasi bahwa Kemendikbud telah meminta MWA ITB dan rektor ITB untuk menyelesaikannya. Tetapi sampai sekarang kami tidak pernah tahu apa permasalahannya telah selesai atau belum," pungkasnya.
 

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id