comscore

Hilirisasi Hasil Riset dan Inovasi, STP UGM Raih Penghargaan Internasional

Renatha Swasty - 20 Mei 2022 16:12 WIB
Hilirisasi Hasil Riset dan Inovasi, STP UGM Raih Penghargaan Internasional
UGM STP mendapat penghargaan WIPO. DOK UGM
Jakarta: Universitas Gadjah Mada Science Techno Park (UGM STP) mendapat penghargaan kekayaan intelektual berupa Enterprise Medal dari World International Property Organization (WIPO) Tahun 2022. Penghargaan internasional ini diberikan atas capaian UGM melakukan hilirisasi hasil riset dan inovasi ke industri dan masyarakat. 

Penghargaan berupa medali yang diberikan langsung Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden pada Peringatan Hari Kekayaan Intelektual sedunia pada 26 April 2022. Sedangkan, penyerahan sertifikat dari penghargaan WIPO tersebut diserahkan oleh Staf Ahli Menteri Kemenkumham Bidang Politik dan Keamanan, Y Ambeg Paramarta, kepada Direktur Penelitian UGM, Mustofa, di sela-sela kegiatan Focus Group Discussion Resale and Rental Right di Hotel JW Marriot Yogyakarta, Kamis, 19 Mei 2022. 
Ambeg menyampaikan apresiasi atas capaian UGM mendapat penghargaan tersebut. Capaian itu tidak lepas dari kerja keras UGM mendorong lahirnya hak kekayaan intelektual dari hasil riset dan inovasi yang dihilirkan ke industri dan dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas. 

“Saya mengapresiasi kepada UGM atas komitmen mendorong kekayaan intelektual di Indonesia sehingga dapat penghargaan internasional WIPO Medal,” kata Ambeg dikutip dari laman ugm.ac.id, Jumat, 20 Mei 2022.

Dia mengatakan penghargaan tersebut menandakan UGM sebagai universitas yang berhasil menghilirkan banyak riset ke industri dan masyarakat. Dia berharap UGM makin banyak melahirkan hak cipta dan hak kekayaan intelektual baru yang bisa dimanfaatkan bagi masyarakat.

Direktur Penelitian UGM, Mustofa Apt menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas pemberian penghargaan tersebut melalui Kementerian Hukum dan HAM RI. Dia menjelaskan penghargaan tersebut tidak lepas dari kebijakan UGM yang terus memberikan perhatian atas kekayaan intelektual sebagai bentuk upaya memberikan perlindungan terhadap hasil inovasi yang sudah dihasilkan.

“UGM selalu mendorong dosen dan mahasiswa untuk melakukan perlindungan dari karya dan inovasi yang dihasilkan melalui perlindungan terhadap karya dari teknologi, karya tulis, dan karya seni,” ujar dia. 

Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual, Kemenkumham RI, Daulat Pandapotan Silitonga, menyampaikan penyerahan sertifikat WIPO kategori International Property Enterprise Medal kepada UGM sebagai bentuk penghargaan atas keberhasilan universitas melakukan hilirisasi hasil riset ke masyarakat dan industri. Dia berharap inventor UGM bisa menggunakan hak kekayaan intelektual untuk kepentingan membuka kesempatan lapangan kerja baru dan mendukung pembangunan berbasis komunitas.

Baca: Hilirkan Inovasi Peneliti Lewat UGMSTP, UGM Raih WIPO Intellectual Property Enterprize Medal



(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id