comscore

Pendaftaran Beasiswa Santri Unggulan UII Masih Dibuka, SPP dan Dapat Tempat Tinggal Gratis

Citra Larasati - 22 Mei 2022 14:16 WIB
Pendaftaran Beasiswa Santri Unggulan UII Masih Dibuka, SPP dan Dapat Tempat Tinggal Gratis
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Ada banyak beasiswa yang ditawarkan di Universitas Islam Indonesia (UII), salah satunya adalah Beasiswa Santri Unggulan. Buat Sobat Medcom, santri next level yang punya kemampuan akademik tinggi dan juga rasa percaya diri, yuk segera mendaftar di program studi (prodi) S1 Rekayasa Tekstil FTI UII melalui pola seleksi Penelusuran Siswa Beprestasi (PSB) Kategori Beasiswa Santri Unggulan UII.

Dengan beasiswa ini, Sobat Medcom dapat belajar sejak awal masuk perkuliahan hingga akhir studi tanpa mengeluarkan biaya SPP. Dengan beasiswa ini juga, kamu akan mendapat tempat tinggal dan tidak perlu mengeluarkan biaya hidup (syarat dan ketentuan berlaku ya).

Simak informasi lengkapnya berikut ini:

Program studi 

S1 Rekayasa Tekstil

Pola Seleksi 

Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB) dengan beasiswa

Kategori

PSB Kategori Beasiswa Santri Unggulan UII

Calon Mahasiswa

Kategori ini ditujukan bagi siswa berprestasi dengan kemampuan akademik tinggi serta  menguasai bahasa Arab dan bahasa Inggris.  Siswa yang dinyatakan lolos seleksi akan menempuh pendidikan Sarjana (S1) kecuali kedokteran dan mengikuti pendidikan di Pondok pesantren UII.

Beasiswa yang diberikan berupa bebas biaya studi (maksimal sampai semester 9) dan pembebasan dana Catur Darma serta fasilitas tempat tinggal di Pondok Pesantren UII tanpa dipungut biaya.

Persyaratan

Program studi Rekayasa Tekstil UII memiliki kuota sejumlah dua orang mahasiswa yang akan diterima pada pola seleksi PSB Kategori Beasiswa Santri Unggulan UII tahun akademik 2022/2023.  

Dokumen yang harus diunggah PSB Beasiswa Santri Unggulan UII:

  • Scan rapor SMA atau sederajat semester 1,2,3,4,5 yang dilegalisasi pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata untuk semester 4 dan 5 adalah minimal 8,5 untuk skala 1-10, minimal 83 untuk skala 1-100 atau minimal 3,40 untuk kala 1-4
  • Khusus lulusan pondok pesantren tahun 2021 harus menyertakan surat keterangan telah/sedang melakukan pengabdian
  • Surat Keterangan Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan masuk ranking kelas lima beasar pada semester 4 dan 5
  • Serifikat TOEFL (Inggris) atau TAEFL (Arab) dengan skor minimal 450
  • SKKB dari sekolah atau SKCK dari POLRI
  • Formulir asesmen diri yang telah diisi lengkap. Formulir dapat diunduh melalui laman web pmb.uii.ac.id/unduh
  • Piagam atau sertifikat atau surat keterangan prestasi dan keaktifan organisasi (jika ada)
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Esai berjumlah dua buah dengan judul "Sukses Terbesar dalam Hidupku" dan "Peranku untuk Umat".

Jadwal Seleksi gelombang II:

  • Mulai Pendaftaran (pembelian formulir)          = 20 April 2022
  • Tenggat pendaftaran                                        = 12 Juni 2022
  • Tenggat isi data dan unggah dokumen           = 12 Juni 2022
  • Verifikasi isian data                                           = 13 Juni-3 Juli 2022
  • Proses Seleksi oleh Program studi                   = 13 Juni -8 Juli 2022
  • Pengumuman                                                   = 12 Juli 2022
  • Registrasi                                                          = 12 Juli 2022-3 Agustus 2022
  • Key in Data dan Unggah Dokumen Registrasi = paling lambat 30 hari kalender dari tanggal registrasi
  • Batas waktu pengunduran diri                         = 2022
  • Biaya pendaftaran 200 ribu
Informasi selengkapnya dapat dilihat di pmb.uii.ac.id/psb-beasiswa.  Jika memerlukan pendampingan untuk pendaftar PSB Kategori Beasiswa Santri Unggulan UII, silakan dapat menghubungi UII melalui WhatsApp resmi Program Studi Rekayasa Tekstil UII di nomor 0813-2074-6497.

Sekilas Tentang Prodi

Dilansir dari laman textiles.uii.ac.id, program studi (Prodi) Rekayasa Tekstil UII merupakan prodi pionir satu-satunya yang menyelenggarakan pendidikan tekstil untuk Program Sarjana Strata Satu (S1) di Indonesia.  Prodi ini berkomitmen menjadi penyelenggara aktivitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, dalam rangka pengembangan ilmu dan pemanfaatan teknologi di bidang manufaktur tekstil dan produk tekstil, serta pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia unggul yang senantiasa berilmu amaliah dan beramal ilmiah.

Program Studi Rekayasa Tekstil Universitas Islam Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang dalam perjalanannya. Pada tahun 1975, dibuka Jurusan Teknologi Tekstil yang merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik Universitas Islam Indonesia (UII). Kemudian pada tahun 1977, jurusan ini dikembangkan menjadi Fakultas Teknologi Tekstil dengan dua jurusan, yaitu Jurusan Teknik Tekstil dan Jurusan Kimia Tekstil.

Pada 1982, didirikan Fakultas Teknologi Industri, sehingga UII saat itu memiliki tiga fakultas di bidang teknik, yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Tekstil, dan Fakultas Teknologi Industri. Selanjutnya pada 1985, pemerintah mengatur bahwa dalam satu universitas hanya dibenarkan ada satu Fakultas Teknik, sehingga ketiga fakultas tersebut meleburkan diri menjadi Fakultas Teknik.

Berdasarkan SK Mendikbud RI No. 25/DIKTI/Kep/1993, Fakultas Teknik dipisah menjadi dua fakultas, yaitu Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) dan Fakultas Teknologi Industri (FTI). Ketika itu, FTI memiliki dua jurusan, yaitu Jurusan Teknik dan Manajemen Industri serta Jurusan Teknologi Tekstil.

Atau dengan kata lain, tekstil kembali dan tetap berdiri sendiri sebagai jurusan di lingkungan FTI. Lalu pada tahun 1995, terdapat penataan kebijakan dari pemerintah bahwa jurusan di perguruan tinggi swasta (PTS) harus mengacu pada jurusan di perguruan tinggi negeri (PTN).

Oleh karena itu dengan SK Mendikbud No. 433/DIKTI/Kep1995, Jurusan Teknologi Tekstil berubah nama menjadi Jurusan Teknik Kimia dengan dua pilihan konsentrasi, yaitu Konsentrasi Teknik Kimia dan Konsentrasi Teknik Tekstil.

Selama kurang lebih 15, tekstil berkedudukan sebagai konsentrasi di bawah Program Studi Teknik Kimia Universitas Islam Indonesia. Perjuangan untuk kembali berdiri sendiri sebagai program studi tetap diusahakan.

Baca juga:  Mengenal Prodi S1 Kimia UII: Prospek Kerja Hingga Beasiswa

Sebelumnya sejak 2018, UII sudah mulai berproses dengan mengajukan nomenklatur teknik tekstil kepada pemerintah. Berdasarkan SK Nomenklatur No. 1336/C4/KL/2018, pengajuan ini akhirnya disetujui dengan nama “Rekayasa Tekstil”.

Selang beberapa tahun kemudian, berdasarkan SK Menristekdikti (Mendikbud) No. 825/KPT/I/2019, akhirnya disetujui bahwa Program Studi Rekayasa Tekstil Universitas Islam Indonesia resmi dibuka untuk pendidikan program sarjana (S1). UII pun resmi membuka pendaftaran mahasiswa baru dan memulai kuliah perdana di tahun akademik 2020/2021.(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id