comscore

Dapat Suntikan Dana dari Saudi, Kampus 3 UIN Malang Siap Jadi Destinasi Pendidikan Dunia

Renatha Swasty - 15 Maret 2022 16:21 WIB
Dapat Suntikan Dana dari Saudi, Kampus 3 UIN Malang Siap Jadi Destinasi Pendidikan Dunia
Audiensi antara Rektor UIN Malang Zainuddin dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. DOK Kemenag
Jakarta: Cita-cita menjadikan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) menjadi destinasi pendidikan dunia segera terwujud. Kampus 3 UIN Malang tengah dibangun untuk mencapai cita-cita itu.

“Cita-cita kita menjadikan UIN Malang sebagai destinasi pendidikan dunia. Kalau orang dulu belajar ke Mesir, sekarang cukup di Malang. Bahkan mahasiswa dari luar negeri belajarnya ke Malang,” ujar Rektor UIN Malang, Zainuddin, dikutip dari laman kemenag.go.id, Selasa, 15 Maret 2022.
Kampus dibangun dari kontribusi Saudi Fund for Development (SFD). SFD menyumbang dana pembangunan Kampus 3 UIN Malang dari Kerajaan Arab Saudi senilai kurang lebih Rp1 triliun.

Dana dimanfaatkan untuk pembangunan sarana prasarana estetik dan modern serta meningkatkan kualitas pendidikan UIN Malang. Sejumlah proyek fisik dibangun, seperti gedung Fakultas Kedokteran, Farmasi, Sains dan Teknologi, Pertanian dan Perikanan, serta pembangunan Laboratorium, Pesantren (Ma’had), Halal Center, dan lain-lain.

Zainuddin mengungkapkan desain bangunan kampus 3 dilihat dari atas akan membentuk kaligrafi berlafaz basmallah. Lokasi kampus yang berada di pegunungan dengan hawa sejuk dan pemandangan indah juga bakal menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa.

SFD direncakanan menengok progres pembangunan Kampus 3 UIN Malang pada Kamis, 17 Maret 2022. Zainuddin juga membeberkan progres pembangunan pada Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dan Direktur Jendral Pendidikan Islam M Ali Ramdhani saat audiensi.

Baca: Bappenas Puji PTKIN Tak Kalah dengan Kampus Umum
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id