comscore

Vaksin Merah Putih Diharapkan Bisa Netralisir Varian Baru Covid-19

Ilham Pratama Putra - 16 Maret 2022 16:41 WIB
Vaksin Merah Putih Diharapkan Bisa Netralisir Varian Baru Covid-19
Ketua Tim Vaksin Universitas Airlangga (Unair), Fedik Abdul Rantam. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Jakarta: Ketua Tim Vaksin Universitas Airlangga (Unair) Fedik Abdul Rantam menyebut pihaknya terus mengupayakan hadirnya vaksin covid-19 Merah Putih. Hal itu lantaran mutasi virus covid-19 terus muncul.

Belakangan, muncul varian covid-19 Delta maupun Omicron di Tanah Air. Dia menyebut kehadiran vaksin Merah Putih sangat berarti menghadapi mutasi virus tersebut.
Fedik menyebut vaksin Merah Putih bisa menetralisir varian baru covid-19, seperti Delta dan Omicron. Sejauh ini, uji klinik fase satu menunjukkan hasil yang baik.

"Harapannya bisa menetralisir varian baru meski tidak 100 persen. Tidak ada vaksin bisa mentralisir 100 persen," kata Fedik dalam webinar Ketahanan Kesehatan Nasional: Pengembangan Vaksin Merah Putih, Rabu, 16 Maret 2022.

Dia juga menyebut vaksinasi tetap penting dijalankan meski status pandemi covid-19 berubah menjadi endemi. Fedik menuturkan vaksin tetap dibutuhkan selama virus dan penyakit masih ada.  

"Dalam keadaan endemi saya masih tetap memegang teguh bahwa vaksinasi perlu dilakukan sampai hilang penyakit ini," ujar dia.

Dia menturkan karakteristik covid-19 yang memunculkan varian-varian baru perlu diwaspadai dengan vaksin. Fedik mengatakan covid-19 akan selalu muncul bila target 70 persen populasi belum mendapatkan imunisasi.

Fedik mengatakan orang-orang tidak tervaksinasi bisa menjadi sumber penularan ke orang yang tervaksinasi. "Orang yang sudah tervaksinasi tersebut dapat terinfeksi kembali karena adanya penurunan antibodi," tutur dia.

Baca: Uji Klinis Fase 2 Vaksin Merah Putih Ditargetkan Mulai Akhir Bulan Ini
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id