comscore

Mengenal Devisa: Pengertian, Jenis, Sumber, dan Manfaat

Medcom - 10 Juni 2022 18:54 WIB
Mengenal Devisa: Pengertian, Jenis, Sumber, dan Manfaat
Ilustrasi buku. Medcom
Jakarta: Devisa adalah semua barang yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran internasional. Barang tersebut meliputi valuta asing, emas, dan surat berharga yang berlaku untuk pembayaran internasional.

Valuta asing merupakan mata uang yang diakui semua negara di dunia, seperti US Dollar, Yen Jepang, Euro, dan Poundsterling Inggris. Namun, tidak semua valuta asing bisa dikategorikan sebagai devisa. Valuta asing baru disebut devisa apabila memiliki catatan kurs resmi di Bank Indonesia. 

Jenis Devisa

Devisa terbagi lagi menjadi beberapa jenis, tergantung sumber dan wujudnya. Berdasarkan sumber, devisa dibedakan menjadi devisa kredit dan devisa umum. Sedangkan berdasarkan wujud, devisa dibagi menjadi devisa kartal dan devisa giral.
Dikutip dari Ruangguru, devisa kredit adalah devisa yang berasal dari penanaman modal asing, utang, dan tabungan luar negeri. Sementara itu, devisa umum adalah devisa yang diperoleh tanpa ada kewajiban untuk mengembalikannya.

Adapun devisa kartal adalah devisa yang berwujud uang logam dan uang kertas. Sedangkan, devisa giral merupakan devisa yang berwujud surat-surat berharga, seperti wesel, cek, dan lain-lain.

Sumber Penerimaan Devisa

Menyambung pembahasan sebelumnya mengenai devisa kredit, devisa jenis ini berasal dari berbagai sumber. Salah satunya, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bahkan sampai dijuluki ‘pahlawan devisa’.

TKI memang berperan penting dalam menyumbang devisa negara. Pasalnya, ketika mereka mengirimkan penghasilan dalam bentuk mata uang asing ke Indonesia, mereka harus ‘membeli’ Rupiah.

Selain dari TKI, sumber penerimaan devisa juga berasal dari kegiatan ekspor. Ketika mengekspor barang, pemerintah Indonesia bakal menerima bayaran berupa devisa.

Kunjungan wisata asing juga menjadi penyumbang devisa. Sebab, mata uang asing yang dibawa oleh turis akan ditukarkan dengan mata uang Rupiah.

Pendanaan luar negeri yang meliputi investasi dan pinjaman luar negeri turut menjadi salah satu andalan sumber devisa. Pinjaman tersebut biasanya digunakan untuk membiaya kegiatan impor barang atau jasa.

Manfaat Devisa

Devisa tentunya sangat bermanfaat bagi perekonomian sebuah negara. Beberapa manfaatnya, yakni:
  1. Sebagai alat tukar internasional
  2. Sebagai alat pembayaran barang-barang dan jasa impor
  3. Sebagai alat pembayaran cicilan utang luar negeri
  4. Sebagai alat stabilisasi mata uang suatu negara
  5. Sebagai alat pembiayaan hubungan luar negeri
  6. Sebagai sumber pendapatan negara untuk membiayai pembangunan.
Demikianlah pembahasan mengenai devisa, salah satu materi pelajaran Ekonomi di bangku kelas 11 SMA. Semoga bermanfaat! (Nurisma Rahmatika)

Baca: Sempat Jadi Negara Miskin, Ini Strategi Perkembangan Ekonomi Korea Selatan



(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id