Anggota Sekolah Penggerak Diharapkan Beri Dampak Positif

    Ilham Pratama Putra - 04 Februari 2021 19:54 WIB
    Anggota Sekolah Penggerak Diharapkan Beri Dampak Positif
    Dirjen Paud Dikdasmen Kemendikbud Jumeri. Tangkapan layar Youtube.



    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar episode ketujuh, yakni program Sekolah Penggerak. Sekolah yang terpilih program ini diharapkan membawa dampak positif terhadap sekolah sekitarnya.

    "Kita harapkan sekolah penggerak itu memberikan dampak positif kepada sekolah tetangganya," kata Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud Jumeri dalam Bincang Pendidikan dan Kebududayaan secara virtual, Kamis, 4 Februari 2021.






    Satuan pendidikan yang masuk dalam Sekolah Penggerak akan diberikan pendampingan terlebih dahulu. Bentuk pendampingan telah disiapkan oleh Kemendikbud.

    "Jadi kami mengembangkan, kami memperkerjakan master coach untuk bisa melatih sekaligus mendampingi sekolah-sekolah (penggerak) itu, agar berkembang sesuai yang kita harapkan," lanjut dia.

    Baca: Lolos Sekolah Penggerak, Kepala Sekolah Tak Boleh Pindah Selama 4 Tahun

    Dalam program Sekolah Penggerak, kata dia, Kemendikbud tidak lagi memberikan bantuan besar. Namun, hanya berupa pendampingan yang disertai oleh Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kinerja.

    "Jadi ini bukan menciptakan sekolah unggulan, tapi sekolah yang berbasis pada hasil belajar dan pembinaan secara holistik," tutup Jumeri.

    Pendaftaran Program Sekolah Penggerak dimulai dari pendaftaran Kepala Sekolah. Pendaftaran di daerah penyelenggara Program Sekolah Penggerak 2021 dibuka untuk Kepala Sekolah semua jenjang mulai dari PAUD (5-6 tahun), SD, SMP, SMA, dan SLB.

    Sementara, Kemendikbud baru menetapkan 111 kabupaten kota penyelenggara sekolah penggerak dari 34 provinsi. Bagi kepala sekolah di daerah penyelenggara program sekolah penggerak diminta melakukan pendaftaran paling akhir yakni 6 Maret 2021.

    Pendaftaran bisa dilakukan pada laman sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/pendaftaran-sekolah-penggerak

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id