Endorse Vokasi, Kemendikbud Bakal Layangkan 1.000 Surat ke Industri

    Ilham Pratama Putra - 16 Februari 2021 12:47 WIB
    <i>Endorse</i> Vokasi, Kemendikbud Bakal Layangkan 1.000 Surat ke Industri
    Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto. Foto: Zoom



    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus mengupayakan keterikatan antara pendidikan vokasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Untuk itu promosi dan sosialisasi terus dijalankan kepada pihak industri.

    Bahkan Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto menyatakan bakal berkirim surat kepada pihak DUDI. Agar DUDI mau melirik dan bekerja sama dalam pengembangan pendidikan vokasi, terkhusus jenjang D4.




    "Saya ingin kirimkan 1.000 surat mengenai D4 itu apa, konsepnya apa, sehingga mereka segera paham D4 itu apa. Kita undang terus untuk seminar-seminar kita," kata Wikan dalam webinar Peningkatan Program Diploma Tiga Menjadi Sarjana Terapan, Selasa, 16 Februari 2021.

    Wikan menyebut surat-surat tersebut bakal mulai dikirimkan pada Jumat, 19 Februari 2021. Surat itu akan sampai pada seluruh instansi baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta.

    "Ayo kita bikin surat resmi ke seluruh instansi, baik swasta atau BUMN kita jelaskan tentang D4 ini. Kita kirim surat ke 1.000 perusahaan untuk menjelaskan D4, nanti kita cari hingga 1.000 perusahaan," tegas Wikan.

    Baca juga:  Mulai Tahun Ini, D3 Vokasi Tak Lagi Dapat Dukungan Dana Kemendikbud

    Upaya Wikan ini tak lepas dari targetnya yang ingin membentuk link and match antara pendidikan vokasi dengan DUDI. Mulai dari membuat kurikulum bersama hingga penyerapan tenaga kerja.

    Menurut Wikan, langkah ini mesti dia lakukan oleh pihaknya. Sebab jika politeknik atau kampus vokasi bergerak sendiri tanpa bantuan, terkadang industri enggan melirik pendidikan vokasi.

    "Kita perlu turun tangan betul untuk mendobrak industri. Jadi nanti ketika industri itu meng-endorse D4, D4 kita laris. Kita harus bantu peneterasi," tutup Wikan.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id