Maranatha Gelar Kontes Robot Bertema Lingkungan - Medcom

    Maranatha Gelar Kontes Robot Bertema Lingkungan

    Intan Yunelia - 11 Oktober 2019 18:55 WIB
    Maranatha Gelar Kontes Robot Bertema Lingkungan
    Peserta Indonesia Robot Festival (IRoF) 2019 yang digelar Universitas Kristen Maranatha. Foto: Marantha/Dok.Humas
    Jakarta: Universitas Kristen Maranatha menyelenggarakan festival kompetisi robot bernama Indonesia Robot Festival (IRoF) 2019.  Lomba ini diadakan untuk memacu semangat mahasiswa dalam bidang robotik.

    Ketua Panitia IRoF 2019, Muliady mengatakan, festival robot kali ini berbeda dibandingkan dengan kompetisi robot lainnya. Pembeda tersebut adalah pada tema, yaitu ‘Going Green with Robotics’.

    Tema ini dipilih karena melihat isu-isu lingkungan yang cukup krusial khususnya produksi sampah yang kian waktu semakin meningkat. “Kita mau anak-anak muda ini lebih menyadari bahwa lingkungan ini adalah milik kita bersama. Melalui membuat robot yang sesuai dengan visi lingkungan,” kata Muliady di siaran pers, Jumat 11 Oktober 2019.

    Kompetisi IRoF 2019 ini berlangsung di ruang ekshibisi Gedung B Universitas Kristen Maranatha, Bandung. Acara yang berlangsung dari 11 hingga 12 Oktober 2019 ini diikuti 90 tim pertandingan yang terbagi dalam lima kategori.

    Kelima tim tersebut meliputi Soccer Robot, Mighty Sumo Robot, Robotics Innovation, Decathlon Robot, dan VEX Robotics Competition.  Selain tema, kompetisi ini juga lebih menekankan pada sisi pendidikan. Mulai dari proses perakitan robot hingga siap untuk di arena pertandingan.

    “Jadi peserta tidak serta merta membawa robotnya selesai dari rumah. Dengan sisi pendidikan ini kita melihat bagaimana proses anak-anak ini merakit robotnya sebelum dimainkan. Jadi kita ingin adanya gabungan antara edukasi dan permainan,” ujarnya.

    Ide yang diangkat oleh para mahasiswa ini pun bermacam-macam. Seperti robot yang otomatis bisa menyiram tanaman, robot yang bisa memilah sampah dan lainnya. 

    Sementara itu, Rektor Universitas Kristen Maranatha, Armein Langi mengatakan, anak-anak yang mengikuti ini tidak hanya membangun kecintaan mereka terhadap teknologi. Tetapi juga beradaptasi membangun lingkungan teknologi yang lebih baik bagi kehidupan mereka.

    Empat hal yang harus dikuasi untuk menjadi seorang engineer. Pertama adalah memahami masalah dan melihatnya sebagai sebuah opportunity atau peluang.

    Kedua adalah memiliki kekuatan dengan mempelajari ilmu teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah mesin. Ketiga adalah kecerdasan untuk merancang program-program. Serta keempat adalah kemampuan membudayakan dan menggalang sumber daya untuk mewujudkannya. 

    “Saya percaya anak-anak kita siap untuk menghadapi masa depan mereka, bahkan termasuk yang akan meng-engineering masa depan,” ujar Armein.

    IroF merupakan kompetisi robot tahunan yang rutin yang dilaksanakan oleh Program Studi S1 Teknik Elektro Universitas Kristen Maranatha sejak tahun 2014.  Embrio agenda ini sebenarnya telah berlangsung sejak 2010 di tingkat yang lebih kecil.

    Melalui kompetisi ini, Maranatha ingin mempersiapkan generasi yang unggul dalam menyongsong era industri 4.0. Tidak hanya kemampuan, teamwork dan social skill peserta turut diasah supaya nantinya mereka bisa bersaing dengan negara lain yang telah lebih dahulu mengembangkan teknologi ini.

    Kompetisi ini adalah bentuk evaluasi dari pendidikan robot di Indonesia dalam menciptakan sumber daya manusia terbaik bagi Indonesia.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id