comscore

BPS Bakal Gandeng IPB University untuk Sukseskan Sensus Mendatang

Citra Larasati - 29 September 2021 15:09 WIB
BPS Bakal Gandeng IPB University untuk Sukseskan Sensus Mendatang
Kampus IPB. Foto: IPB/Humas
Jakarta:  Institut Pertanian Bogor (IPB) University menandatangani kerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS).  Penandatanganan kerja sama ini dilakukan dalam rangka penyediaan, pemanfaatan, serta pengembangan data dan informasi statistik untuk mendukung Tridarma perguruan tinggi.

Rektor IPB University, Arif Satria menyebut BPS merupakan salah satu lembaga berkredibilitas tinggi dalam menyediakan berbagai data. Oleh karena itu, perguruan tinggi berperan untuk ‘membunyikan’ data-data BPS untuk berbagai kepentingan.
Arif mengatakan, kolaborasi ini juga dapat menjadi jalan baru dalam mengembangkan berbagai metode perhitungan data. Tidak hanya itu, kerja sama ini juga sebagai evaluasi dan bahan kajian untuk menyelesaikan berbagai isu kesejahteraan petani maupun nelayan.

Menurutnya, pengembangan Data Desa Presisi (DDP) oleh IPB University dapat digunakan untuk menyempurnakan data BPS.  “Semoga banyak kajian yang dihasilkan melalui kolaborasi ini dan akan banyak mahasiswa yang dapat memanfaatkan data secara lebih luas,” tandasnya.

Kepala BPS, Margo Yuwono menyambut baik rencana pengembangan data petani sebagai gambaran indikator kesejahteraan. Ia mengatakan, kolaborasi ini merupakan langkah awal sebagai bahan diskusi berikutnya.

Ia juga menyebut bahwa sensus pertanian akan dilakukan di tahun 2023. Sensus ini akan dilakukan sebagai wujud pelaksanaan Undang-Undang Statistik.

Ia mengatakan bahwa BPS akan terbuka dan dengan senang hati bekerja sama dengan IPB University untuk menyukseskan sensus mendatang. “Langkah kolaboratif diperlukan agar pembangunan statistik dapat disempurnakan dan tidak tumpang tindih. Ia juga berharap akan adanya program kolaboratif dengan kampus jangka pendek yang di-custom sesuai kebutuhan kampus dan BPS,” kata Margo.

Dalam waktu dekat, katanya, BPS akan meluncurkan program statistik secara virtual demi memudahkan akses data bagi para akademisi. Dengan peluncuran ini, diharapkan dapat memberi dampak yang lebih banyak bagi kalangan akademisi.


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id