comscore

Rektor UGM Bakal Dikukuhkan Sebagai Ketua FRI 2021

Arga sumantri - 22 Juni 2021 09:03 WIB
Rektor UGM Bakal Dikukuhkan Sebagai Ketua FRI 2021
Rektor UGM Panut Mulyono. Foto: Medcom.id/Citra Larasati
Yogyakarta: Kongres Forum Rektor Indonesia (FRI) 2021 akan digelar di Universitas Gadjah Mada (UGM), Juli mendatang. Rektor UGM Panut Mulyono diproyeksikan menjadi Ketua FRI periode berikutnya, menggantikan Rektor IPB University Arif Satria.

Panut menerima kunjungan Arif dalam rangka persiapan Kongres FRI 2021. Panut mengatakan, permasalahan pendidikan di tengah pandemi akan menjadi salah satu tema pokok pertemuan FRI, Juli mendatang.
Menurut Panut, kualitas pendidikan relatif menurun karena pandemi covid-19. Meski begitu, semua perguruan tinggi juga tidak bisa serta merta terus membuka kuliah tatap muka, tetapi harus terus memikirkan bagaimana sistem perkulihan yang baik agar bisa meningkatkan kualitas pendidikan di saat pandemi.

"Ya kita membahas tentang rencana kongres untuk Forum Rektor Indonesia. Pak Arif kan sekarang Ketua FRI, pada kongres nanti akan saya lanjutkan karena saya sebagai ketua FRI terpilih setahun mendatang," ucap Panut mengutip siaran pers UGM, Selasa, 22 Juni 2021.

Baca: FRI Berharap Ada Peta Jalan Riset yang Komprehensif

Selain membahas tanggal pelaksanaan kongres, kata Panut, pertemuannya dengan Arif juga menentukan figur-figur yang akan diundang untuk mengisi acara tersebut. Harapannya, Presiden Joko Widodo bisa hadir sekaligus membuka Forum Rektor Indonesia 2021.

Rektor IPB University Arif Satria mengatakan, selain silaturahmi pertemuan dengan Panut membicarakan persiapan kongres. "Insyaallah Pak Panut secara resmi akan dikukuhkan sebagai Ketua Umum FRI pada Juli nanti saat kongres," ungkap Ketua FRI 2020 itu.

Ia menambahkan, kunjungan ini juga membicarakan tentang tata organisasi dan program-program yang harus dilanjutkan. Misalnya, program-program yang sudah dirintis bersama Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Sosial (Kemensos) dan Dubes Palestina.

Baca: Prodi yang Butuh Kompetensi Teknis Diutamakan PTM di Kampus

Arif Satria menyampaikan banyak hal dibicarakan dengan Rektor UGM dengan harapan agar keberlanjutan program FRI dapat berjalan dengan baik. Selain itu, mempersiapkan rekomendasi terkait pendidikan, ekonomi, politik, dan urgensi pokok-pokok menyangkut haluan negara.

"Itu nanti akan menjadi fokus juga untuk bisa disampaikan pada Presiden dan kepada publik soal pentingnya pokok-pokok haluan negara sebagai acuan untuk arah pembangunan Indonesia," terang Arif.

Menurut Arif, hal paling krusial yang perlu mendapat sorotan FRI saat ini adalah soal pandemi dan Merdeka Belajar. Sebab, Merdeka Belajar dalam implementasinya memerlukan kerangka regulasi yang lebih kuat lagi.

"Kalau kita bisa merumuskan implementasi tentang kampus merdeka maka hal itu akan membuat perguruan tinggi di Indonesia ini lebih leluasa dan lebih mudah karena kerangka regulasinya jelas dan kerangka regulasinya sangat kondusif," papar Arif.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id