Indonesia Perlu Perubahan Kebijakan Pendidikan

    Zakaria Habib - 04 Oktober 2019 00:26 WIB
    Indonesia Perlu Perubahan Kebijakan Pendidikan
    Guru Besar Ilmu Politik UNAS Maswadi Rauf, Foto: Medcom.id/Zakaria Habib
    Jakarta: Guru Besar Ilmu Politik UNAS Ragunan Maswadi Rauf menyebut, perlu adanya perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satunya lewat perubahan kebijakan pendidikan yang merupakan wilayah dari politik pendidikan Indonesia.

    "Kemana arahnya pendidikan kita, kita mau mengembangkan apa. Kalau tidak ada perubahan kebijakan dalam pendidikan sulit kita mengejar ketertinggalan," kata Maswadi dalam seminar Politik Pendidikan di Indonesia: Tantangan dan Peluang Era Revolusi 4.0, di Menara UNAS Ragunan, Jakarta, Kamis, 3 Oktober 2019.

    Menurut dia, pendidikan di Indonesia masih memiliki banyak masalah, sehingga untuk mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain masih sulit. Masalah tersebut terjadi di semua tingkat pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. 

    Lebih lanjut, menurut Maswadi, masalah pendidikan tersebut salah satunya terlihat dari proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Banyak muncul keluhan dari pegawai pemerintahan karena tidak sedikit pelamar yang tidak memenuhi syarat untuk menjadi PNS.

    "Anda bisa lihat dari keluhan pegawai pemerintahan saat penerimaan CPNS. Akibat kelemahan dari lulusan perguruan tinggi yang tidak memenuhi syarat penerimaan CPNS," tukasnya.



    (DMR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id