Unpad Gelar Kompetisi Startup Mahasiswa Tingkat Nasional

    Arga sumantri - 15 September 2021 15:18 WIB
    Unpad Gelar Kompetisi Startup Mahasiswa Tingkat Nasional
    Ilustrasi. Dok Istock.



    Bandung: Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar kompetisi 'National Hackathon & Collaboraction 2021' untuk para mahasiswa se-Indonesia. Kompetisi yang didukung Social Economic Accelerator Lab - Amazon Web Services (SEAL-AWS) ini bertujuan untuk meningkatkan animo generasi muda dalam mengembangkan usaha rintisan, khususnya pada bidang teknologi.

    Ketua BEM Kema Unpad, Rizky Maulana Muhammad, menjelaskan, acara ini merupakan wadah untuk mengembangkan ketertarikan anak muda dalam hal kewirausahaan. Seiring perkembangan teknologi yang semakin cepat, generasi muda semestinya perlu memanfaatkannya dalam berbagai lini kehidupan.

     



    "Adanya Hackathon adalah program akselerasi kemampuan anak muda dalam mencari solusi terhadap permasalahan sekitar menggunakan kecanggihan teknologi," kata Rizky dalam acara pembukaan 'National Hackathon & Collaboraction 2021' secara virtual, Rabu, 15 September 2021.

    Melalui kompetisi tersebut, peserta ditantang untuk mengembangkan ide bisnis berupa usaha rintisan berdasarkan dua topik yang diusung, yaitu educational technology serta SME digital transformation and agregator.

    Baca: Jokowi Minta Kampus Fasilitasi Pengembangan Talenta Mahasiswa

    Rektor Unpad Rina Indiastuti menjelaskan, ajang kompetisi Hackathon digelar sebagai relevansi dari kondisi dunia saat ini. Menurutnya, disrupsi global, mulai dari revolusi industri 5.0 hingga pandemi covid-19 menyebabkan teknologi saat ini tidak hanya digunakan untuk menyebarkan informasi, tetapi juga digunakan untuk mengusung kemajuan peradaban.

    "Teknologi saat ini digunakan untuk memanusiakan manusia dan kesejahteraan masyarakat," kata Rina.

    Melalui kompetisi ini, diharapkan mahasiswa se-Indonesia tergugah untuk menghasilkan inovasi lain yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Selain itu, ajang ini juga berperan dalam meningkatkan kemampuan nonteknis mahasiswa.

    "Hackathon ini diadakan kurang lebih ingin menyolusikan dari masalah dan kendala yang kita hadapi," ungkap Rina.

    Acara pembukaan tersebut juga diisi pemaparan dari perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Kementerian Koperasi dan UKM. Acara juga diisi dengan gelar wicara yang menghadirkan sejumlah narasumber.

    Pendaftaran National Hackathon dibuka mulai 15 September hingga 22 September mendatang. Pengumuman 20 besar akan dibuka pada 8 Oktober, serta proses penjurian dan pengumuman pemenang akan dilakukan pada 9 Oktober.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id