Undip Putuskan Tetap Kuliah Daring di Semester Gasal

    Arga sumantri - 01 Juni 2021 18:02 WIB
    Undip Putuskan Tetap Kuliah Daring di Semester Gasal
    Ilustrasi. Medcom.id



    Semarang: Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Yos Johan Utama mengatakan, Undip belum akan melakukan perkuliahan tatap muka atau luring pada semester gasal Tahun Akademik (TA) 2021/2022. Kebijakan ini menimbang kondisi pandemi covid-19 yang masih perlu diwaspadai.

    "Untuk semester depan Undip belum akan melaksanakan kuliah luring, masih daring," kata Yos Johan mengutip siaran pers Undip, Selasa, 1 Juni 2021

     



    Ia mengatakan, banyak hal yang menjadi pertimbangan sehingga kampus Undip masih harus menerapkan perkuliahan daring. Pertimbangannya antara lain jumlah mahasiswa Undip yang banyak, jumlah jam mengajar dosen yang menjadi berlipat-lipat jika dilakukan secara luring atau tatap muka, sampai pertimbangan mahasiswa yang harus berada di tempat kos jika kuliah luring dilaksanakan.

    Dia mengemukakan bahwa jumlah mahasiswa Undip saat ini mencapai 55 ribu. Menurut dia, angka ini setara jumlah penduduk di suatu kabupaten yang ada di luar Pulau Jawa. 

    "Kami bisa menjaga di sini. Di sini bisa diatur. Tapi bagaimana mahasiswa yang ada di kos-kosan, kami harus hati-hati," ungkapnya.

    Baca: UNPAR Siapkan Lulusan Program Fisika Medis Siap Kerja

    Yos Johan menguraikan berbagai hal jika harus melakukan kuliah secara luring. Misalnya, beban mengajar dosen akan naik tiga kali lipat, karena pada masa pandemi harus dilakukan pembatasan jumlah mahasiswa yang boleh berada di dalam kelas. 

    Lalu, setiap kelas harus dibagi dalam tiga bagian, Artinya, pertemuan yang dilakukan sang dosen yang biasanya mengajar sepuluh kali, maka akan mengajar 30 kali. "Saya khawatir, bukan apa-apa kena covid-19, tetapi karena kelelahan beliau para dosen juga bisa terjangkit atau terpapar covid-19," ujarnya.

    Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah kondisi mahasiswa dari luar Semarang yang harus berada di tempat kos, yang bisa jadi satu kamar diisi tiga mahasiswa. Ruang yang terbatas untuk berkegiatan termasuk makan bersama serta aktivitas lainnya, bisa menjadi mereka rentan tertular covid-19. 

    Baca: Kalbis Institute Siap Buka Prodi Pascasarjana Manajemen Hotel

    Makanya, Undip memastikan kuliah luring belum akan dilakukan pada semester gasal TA 2021/2022 yang biasanya dimulai pada bulan juli setiap tahunnya. Agar proses pembelajaran daring bisa maksimal, berbagai sarana mulai dari website, email, forum komunitas dan sarana teknlogi informasi lainnya dimaksimalkan pemanfaatannya untuk mendukung pembelajaran. 

    Undip menerapkan asinkron daring, yaitu metode yang memungkinkan peserta program melakukan pembelajaran selain di waktu yang sudah ditetapkan. Metode ini bertujuan menjaga kualitas pendidikan yang diselenggarakan.

    "Kami melakukan kajian matang terlebih dahulu dan ikhtiar. Untuk semester depan Undip masih belum melakukan perkuliahan secara luring," ungkapnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id