Hari Lahir Pancasila

    Revisi UU Sisdiknas Disebut akan Menguatkan Profil Pelajar Pancasila

    Arga sumantri - 01 Juni 2021 11:50 WIB
    Revisi UU Sisdiknas Disebut akan Menguatkan Profil Pelajar Pancasila
    Anggota Komisi X DPR My Esti Wijayati. Zoom



    Jakarta: Anggota Komisi X DPR My Esti Wijayati mengatakan pemerintah dan DPR masih menggodok revisi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Salah satu proyeksi revisi UU Sisdiknas yakni menguatkan program pendidikan dalam membentuk profil pelajar Pancasila.

    "Profil pelajar Pancasila ini kita akan kuatkan dalam perubahaan UU Sisdiknas," kata Esti dalam webinar bertajuk  'Mewujudkan Sistem Pendidikan yang Berlandaskan Pancasila, Selasa, 1 Juni 2021.

     



    Ia mengatakan, sejumlah survei mendapati sebagian anak muda Indonesia sudah tidak mengharapkan Pancasila sebagai ideologi negara. Temuan ini harus menjadi perhatian penuh pemerintah.

    Ia menekankan pendapat yang menyebut program pembentukan profil pelajar Pancasila tanpa memasukkan nilai agama adalah tidak benar. Sebab, dalam butir program membentuk profil Pelajar Pancasila jelas termuat bagaimana pelajar Indonesia memiliki iman dan takwa kepada Tuhan.

    "Kami sekarang sudah sedang menyusun peta jalan dan menguatkan profil pelajar Pancasila," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

    Baca: Implementasi Pendidikan Berlandaskan Pancasila Belum Berjalan Baik

    Menurut dia, pembahasan perubahaan UU Sisdiknas sudah masuk progra legislasi nasional (Prolegnas) jangka panjang. Namun, belum akan rampung tahun ini.

    "Sudah masuk prolegnas jangka panjang, tidak dalam tahun ini mungkin tahun depan. Di dalamnya kita masukkan soal kurikulum," ujarnya.

    Membentuk profil pelajar Pancasila jadi salah satu program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan, ciri dari pelajar Pancasila adalah memiliki motivasi untuk belajar sepanjang hayat.

    Dengan kemauan belajar sepanjang hayat, Nadiem meyakini pelajar yang menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul Indonesia ini akan mampu beradaptasi dengan perubahan zaman. Perubahan zaman, kata Nadiem, harus disikapi secara agresif.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id