comscore

PPDB Bersama DKI Jakarta, Sediakan Kuota Khusus di Sekolah Swasta

Ilham Pratama Putra - 26 Mei 2022 12:17 WIB
PPDB Bersama DKI Jakarta, Sediakan Kuota Khusus di Sekolah Swasta
Ilustrasi sekolah. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Jakarta: Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta memberikan kuota khusus kepada Calon Peserta Didik Baru (CPDB) melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Bersama. Kuota khusus ini adalah bentuk afirmasi dalam program PPDB Bersama.

"Ada 260 sekolah SMA dan SMK swasta yang ada di PPDB bersama ini," kata Ketua PPDB DKI Jakarta Purwosusilo dalam siaran YouTube Jurnal Retno Listyarti dikutip Kamis, 26 Mei 2022.
Penambahan kuota di sekolah swasta ini untuk memperluas daya tampung siswa yang tidak bisa masuk ke sekolah negeri. Dia memastikan sekolah swasta yang dipilih memiliki kualitas setara dengan sekolah negeri.

"Untuk menambah kesempatan untuk masuk sekolah yang swasta yang sama baiknya dengan negeri," kata dia.

CPBD yang diterima di sekolah swasta lewat Jalur PPDB Bersama mendapat pembiayaan uang pangkal dan SPP selama tiga tahun. Peserta didik dari Jalur PPDB Bersama tidak boleh dipungut biaya apa pun selama tiga tahun sekolah.

Adapun kelompok prioritas dalam jalur ini ialah anak panti, penyandang disabilitas, anak tenaga kesehatan yang meninggal dunia dalam penanganan covid-19, serta anak penerima KJP plus sekaligus penerima PIP. Selain itu diprioritaskan pula bagi anak yang terdaftar dalam DTKS, anak dari pengemudi Jak Lingko, dan anak dari penerima Kartu Pekerja Jakarta.

"PPDB bersama hanya ada di DKI Jakarta untuk anak yang kurang beruntung. Kita lakukan perluasan ke sekolah swasta karena kita tidak bisa serta merta menambah sekolah negeri," tutur dia.

Baca: Jangan Khawatir, Seleksi Usia Masih Berlaku pada PPDB DKI Jakarta 2022/2023
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id